Selasa, 22 Desember 2015

Proses Persalinan, Aidan, dan Biaya Persalinan RSIA SRI RATU MEDAN

Setelah beberapa lama nggak posting, saya akan bercerita tentang proses melahirkan aidan. Biarpun cerita ini terjadi 2 minggu yang lalu.. Perjalanannya sungguh membuat saya dag dig dug.

Tanggal 7 Desember 2015, saya seperti biasa bangun pagi dan melaksanakan solat subuh. Kemudian makan buah dan jalan jalan pagi dengan niat nanti melahirkan normal dan lancar. Entah kenapa saya merasa hari inilah masanya. Rindu saya dengan suami tidak terbendung dan ingin rasanya meluk suami yang jauh di palembang sana. Siang harinya saya sempet pesen makanan lewat gojek yaitu dimsum nelayan jala jala. Saya kepengen banget. Bener saja langsung ludes. Malamnya saya terbiasa menelpn suami, tiba tiba saya merasa akan pipis, setelah diliat celana saya sudah basah. Setelah ditanya ke keluarga sepertinya itu air ketuban biarpun tidak banyak. Kita pun bergegas ke rumah sakir Sri Ratu Medan yang sudah direkomendasikan oleh dokter kandungan saya Dr.Yustoto Kaban. Saya sampai di rumah sakit sekitar jam 8 malam.  Setelah registrasi langsung dibawa ke ruang bersalin untuk di cek pembukaan. Ya tuhan, sakitnya kebangetan emang cek pembukaan itu. Saya pengen teriak dan marah sama susternya. Ternyata setelah dicek, sudah pembukaan satu dan air ketuban sudah mengalir. Langsung saya tidak diijinkan pulang lagi dan langsung menginap.

Saa langsung kelabakan karena tidak menyangka bahwa harinya tiba. Saya langsung menghubungi suami untuk pulang besok dan menghubungi keluarga serta teman teman terdekat. Suster bilang besok pagi akan diinduksi karena kan saya pengennya lahir normal. Bismillah.

8 Desember 2015. Saya susah tidur semalaman karena saya gugup dengan semua. Selesai sarapan, infus induksi pun dipasang dan sempat dicek pembukaan lagi. Saya paling benci kegiatan itu. Ternyata masih pembukaan 1 juga. Jam 11 siang, ternyata masih pembukaan 3. sementara saya udah kontraksi dan mengeluarkan darah. Sudah lemes. Jam 2 siang, dokter kandungan saya pun datang dan langsung mengecek lagi pembukaan, yang ternyata masih pembukaan 4. Situasinya bayi saya tidak mau turun dan posisi masih diatas. Sementara air ketuban saya terus ngalir dan kontraksi terus menerus. Dokter pun menyarankan buat operasi caesar karena pembukaan lambat biarpun sudah diinduksi. Gak terbayang sama saya. saya pun meminta ijin ngomong ke suami, berbekal izin dan doa akhirnya saya pun akan menjalankan operasi caesar jam 4 sore.

Jam 4 sore sayapun dibawa turun ke ruang operasi di lantai dasar rumah sakit Sri Ratu Medan. Di ruang operasi yang nggak paling saya suka adalah suntik di tulang pinggang. Sakitnya itu loh. Dan saya menggigil kedinginan antara gugup dan emang AC di ruang operasinya dingin banget. Saya memang tidak merasakan sakit. Saya langsung kaget ketika setengah jam berlalu, ada suara bayi kenceng banget diseluruh ruangan. Bayi saya. Little aidan. Aidan Albattar Sebayang. Berat 2,7 kg, panjang 46cm. Dengan alis yang sempurna dan bulu dimana mana.

Aidan pun langsung diliatin sama saya dan saya langsung nangis ngeliat dia sehat dan tidak kekurangan satu apapun. Alhamdulillah. Sempat IMD (inisiasi menyusui dini) sekitar 20 menit. Tapi karena posisi saya lagi dijahit, aidan pun dibawa untuk dibersihkan. Aidan diazankan oleh ayahnya lewat facetime, karena sumai masih di bandara akan terbang ke Medan. Terima kasih teknologi.  Bagaiman rasanya operasi? Awalnya memang badan saya kaku karena masih ada biusnya, lama kelamaan setelah efek bius hilang disitulah mulai kesakitan luar biasa. Kontraksi rahim yang terus menerus, bekas jahitan yang perih, dan saya gerakpun ngilu seluruh badan. Puncaknya adalah jam 2 malam sayapun membangunkan suami saya untuk memanggil suster. Diberikanlah obat pereda sakit yang lumayan membantu sedikit. Biarpun saya tahu sakit ini ada terus menerus bahkan sampai sekarang.

Saya menginap di Kelas 2 ( satu kamar untuk 2 pasien). Tapi selama saya dirawat, alhamdulillah cuma saya sendiri pasien di kamar itu. Tamu tak henti hentinya datang, jadi serasa kamar VIP aja. Tapi sedihnya aidan tidak boleh dibawa ke ruang rawat inap ibu, karena takut terkontaminasi dan sudah jadi peraturan di Sri Ratu Medan. Jadi kalo mau ngeliat bayinya harus pergi ke lantai 4 (ruang khusus bayi). Saya pun bolak balik kesana untuk memberikan aidan ASI biarpun asi saya keluar sedikit. Tapi susternya terus nyemangati kita buat kasih asi ekslusif dengan ngasih jadwal berkunjung ke ruang bayi. Ruang menyusui pun bagus dengan nuansa pink dan bersih banget. Para ibu ibu pejuang asi sudah ngumpul disana sesuai jadwal yang diberikan.

Total saya menginap adalah 4 hari . Jumat siang saya pun udah pulang dengan izin dokter. Kamar Kelas 2 itu biayanya 250 ribu per malam, dengan sewa kamar bayi 80 ribu per malam. Total semua biaya yang saya keluarkan adalah hampir 14 juta. Jadi bagi kamu yang ingin melahirkan di RS Sri Ratu Medan , itu perkiraan dari saya yang menjalani operasi caesar dengan type kamar kelas 2 ya. RS Sri Ratu juga menyediakan paket melahirkan caesar dengan biaya kurang lebih 9 juta dengan type kamar yang sudah ditentukan.Makanan yang disajikan juga enak loh. Saya lahap. Susternya juga sangat membantu sekali para pasiennya. Biarpun rumah sakitnya terkesan agak tua dan gelap. Tapi semuanya Oke kok.





Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Natrarahmani
Maira Gall