Sabtu, 08 Juni 2019

PENGALAMAN MENGINAP DI HOTEL ARYADUTA MEDAN

Sudah lama memimpikan ingin staycation di Aryaduta Hotel. Sebenarnya taun lalu sempat booking hotel di Aryaduta, qadarullah Nayla jatuh sakit sampe opname pas di hari kami mau check in. Tidak bisa di cancel last minute, jadinya direlakan saja kamar tidak ditempati. Kali ini alhamdulillah kesampain staycation di sana. Bagaimana sih pengalaman menginap di hotel bintang empat ini?

Aryaduta Hotel terletak di jantung kota Medan. Letaknya bersebelahan dengan kantor DPR Medan dan bisa dikatakan satu gedung dengan Paladium Mall Medan. Akses kemana mana sangat dekat baik di pusat perbelanjaan atau daerah makan terkenal dari dulu yaitu Lapangan Merdeka. Tentu hal ini bisa menjadi pilihan tepat untuk berpelesiran sekitar Medan. Selain itu, dekat dengan Stasiun Kereta Api Medan dengan jarak tempuh 5-10 menit saja. Tidak susah bukan?

Khusus buat saya hanya ingin staycation menikmati quality time bersama keluarga yang jarang terjadi. Kami memilih waktu di saat persiapan bulan Puasa tepatnya tanggal 5 Mei 2019. Saat itu kami datang selepas solat zuhur dengan berbekal tas jinjing dan snack. Area Lobby hotel nya terletak di Lantai 9. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju parkiran atas dengan penunjuk jalan yang spesifik. Seperti yang saya bilang, Aryaduta satu gedung dengan Paladium. Tapi area parkirnya tentu dibedakan. Khusus pelanggan hotel, area parkirnya di Lantai 8 dan kemudian bisa langsung akses lift menuju Lobby Utama.

Saat mencapai Lobby Utama kami disambut dengan Welcome Drink Orange Juice pelepas dahaga. Tau aja nih kalo dari tadi rempong bawa dua anak yang gak bisa diam. Haha. Setelah mengisi data, proses check-in pun tak memakan waktu lama. Sembari menunggu kamar tersedia, kami bisa menikmati area lobby yang bersih.  Saya selalu suka dengan design interior dari Aryaduta yang klasik dan minimalis. Terlihat dari pilihan sofa dan ornamen  dinding serta lampu yang ciamik.Tak lupa pula bisa melihat area kolam renang yang terletak di sebelah kanan. Anak anak sih udah pada minta berenang, tapi tetap kita harus beresin barang dulu di kamar sebelum main air. Ibu perlu juga rebahan sebentar, ya kan Sahabat?

Kami mendapat kamar di Lantai 10. Akses lift menggunakan kartu yang diberikan saat check-in. Hal ini penting untuk menjaga keamananan pengunjung. Kami mendapat kamar paling pojok dan menurut saya kamar ini best view dari mereka. Duuuh terima kasih loh Aryaduta. Kenapa best view? Bukan pemandangan area kolam renang. Tapi pemandangan kota Medan dari dua sisi. Iya kami menempati kamar paling sudut dengan design kaca besar dan foyer yang panjang. Kesan spacey pun terasa dan anak anak bebas lari larian. Literally emang ternyata kamar kami luas dengan harga yang cukup miring. Saat itu sedang promo hanya 700 ribu/malam untuk deluxe room.. Include breakfast untuk dua orang.

Tentu karena kesenangan, kami pun leyeh leyeh sebentar menikmati pemandangan kota sebelum turun ke area kolam renang. Dalam kamar tersedia mini fridge, wifi, mini bar, complimentray drinks, tea and coffee, tv cable, lemari yang besar, shower, and toiletries yang saat itu limited edition hasil rancangan sebastian gunawan sang designer. Kamar dalam keadaan bersih, rapi, spacey, dan  family friendly

Tepat jam 5 sore kami turun ke area kolam renang di Lantai 9. Ada petugas khusus yang langsung menyediakan towel buat dua orang dan bisa memilih langsung tempat duduknya.  Sangat sigap dan informatif. Saat itu tidak begitu ramai dan airnya dalam suhu yang hangat. Tidak terlampau dingin dan tidak terlampau panas. Tentu saja, ibu nggak ikutan berenang. Jadi bodyguard saja. Area pool terbagi dua yaitu khusus buat anak anak dan orang dewasa. Dengan kiri kanan berjejer kursi malas yang rapi dan penataan pohon yang rindang, membuat kita betah berlama lama. Di area yang sama terdapat gym yang bisa diakses langsung dengan menunjukkan kartu akses. Oh iya, kolam renang ini hanya teruntuk pelanggan hotel saja ya, tidak dibuka untuk umum. Jam operasional nya dari jam 7 pagi - 10 malam.

Tapi yang kurang hanya tempat berganti pakaian setelah berenang/shower room nya. Harus masuk ke area gym untuk akses tersebut. Mungkin karena yang memakai pelanggan hotel yang menginap disini ya, jadi mungkin bisa langsung bebersih di kamar masing masing. Secara keseluruhan area kolam renangnya cukup luas, bersih, rapi, dan pelayanan petugas yang fast response dan ramah. Akhirnya setelah satu jam dan hari sudah menunjukkan pukul 6 sore kami pun bergegas masuk kamar untuk snuggling dan siap tidur.

Medan diguyur hujan cukup deras di malam pertama Ramadan. Kami pun hanya di dalam kamar menikmati derasnya hujan di ketinggian. Peaceful. Setiap menginap di hotel aku mencari kenyamanan tempat tidurnya dan sarapannya. Dan untuk ini aku approve karena bersih dan empuk. Tidur pun pulas sekali. Alhamdulillah. tepat jam 3 pagi suami bergegas turun sendirian untuk menyantap sahur.  Sebelumnya bagian receptionist menanyakan perihal siapa diantara kami berdua yang puasa. Tentu hanya suami karena kebetulan saya sedang berhalangan. Tersedia wake up call untuk tamu yang menginap dan menu seharu di area restoran dari jam 03.00 - 05.00 . Sungguh terbantukan dengan service ini donk tentunya.

Pagi pun telah tiba, saatnya gantian Ibu dan Aidan turun ke area restoran dengan nama The Kitchen yang terletak satu lantai dengan Lobby dan kolam renang untuk menikmati sarapan pagi. Adek sih masih terlena di tidurnya. Kami turun tepat pukul 7 pagi. Waktu yang pas bersantap karena belum begitu ramai. Atau mungkin karena Ramadan. Kami memilih spot di area dalam yang view nya langsung menghadap lapanagn benteng. Ah, sungguh cantik sekali dilihat dari ketinggian ini. Lagi lagi mata ini dimanjakan.

Menu nya cukup lengkap dan prasmanan. Tersedia pilihan untuk masakan indonesia hingga western food. Mulai dari salad, aneka kue dan roti, buah buahan, bubur ayam, nasi goreng, nasi putih, lauk pauk, aneka yoghurt, dimsum, egg bar, kopi dan teh, sosis/salami, beraneka juice segar, susu segar, mie rebus, dan lain lain. lengkap dan dalam keadaan fresh semua. Pramusaji nya juga sigap membantu dan merapikan meja. Kebanyakan saat itu pengunjung nya adalah turis.

Ini ceritanya nge-date berdua sama Aidan di waktu mepet. Karena rindu emang hanya bercengkrama dengan abang tanpa interupsi adek. haha. Setelah kami berdua kenyang, maka sesi selanjutnya menyempatkan lagi menemani Aidan berenang sebentar. Saat itu waktu menunjukkan pukul 8 pagi dan belom begitu ramai. Suhu airnya enak banget untuk nyebur. Tapi sayang Ibu kelupaan packing perlengkapan renang. jadi hanya bisa mandangin anaknya mesem mesem kesenangan.

Karena udah capek dan memang waktu nya tidur, kami pun naik ke atas. karena rindu juga sama nayla kali aja udh bangun. Tentu kesempatan anak yang belom mau tidur aku gunain untuk beberes check- out.

So far, inilah hotel terbaik yang pernah aku coba untuk staycation. Aryaduta menawarkan kenyamanan dan keramahan yang patut diacungi jempol. Hotelnya bersih, pelayanannya sigap dan cepat, kamarnya luas, makanannya enak dan beragam, dan kolam renangnya dalam rating sangat baik. Karena suhu nya diatur dan terkesan homey.

Memang kesannya mepet sekali dengan paladium (karena satu gedung) dan area parkirnya tidak begitu luas. Yang aku merasa puas adalah service top notch. Akses kemana mana juga dekat (merdeka walk, mall, stasiun kereta api, rumah sakit). Kepengen balik lagi kesini suatu hari nanti. Oh ya, mereka punya banyak cabang loh yang tersebar di seluruh Indo. Jadi bisa jadi pilihan kamu nih buat menginap di Aryaduta. Tertarik, Sahabat?