Senin, 15 Juli 2019

PAP SMEAR GRATIS DI PRODIA MENGGUNAKAN BPJS KESEHATAN



"Lebih baik mencegah daripada mengobati"

Pepatah tersebut bukan isapan jempol semata. Kesehatan itu penting adanya. Apalagi kita para wanita yang rentan dengan berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan kesehatan organ intim. Sudah tahu belom kalau penyebab kematian nomor satu di  Indonesia dikarenakan kanker serviks?

Data ini tidak main main karena minimnya aware tentang gaya hidup sehat dan kurangnya pengetahuan tentang bagaimana menjaga kesehatan organ intim wanita. Untuk mencegah lonjakan tersebut, pemerintah Indonesia menggalakkan program skrinning gratis yaitu Pap Smear menggunakan BPJS Kesehatan di Laboratorium Prodia dan Pramita yang sudah diberlakukan sejak tahun 2018.

Aku mulai aware tentang ini saat baru menikah karena ngerasa pentingnya untul lebih peduli dengan tubuh sendiri apalagi organ vital. Sejak saat itu aku rutin melakukan tes ini dan merasa lebih lega saja kalo hasilnya selalu negatif.  Biasanya pake kocek pribadi, kali ini aku menggunakan kartu BPJS Kesehatan yang sudah aku miliki hampir 4 tahun ini. 

Sebelum membahas pengalaman aku tahun ini pakai kartu BPJS Kesehatan, sebenarnya apa sih itu Pap Smear?

APA ITU PAP SMEAR?

"Pap smear adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks (leher rahim) pada wanita. Kanker serviks sangat umum terjadi pada wanita, terutama jika kebersihan vagina tidak terjaga.. Pap smear dilakukan dengan cara mengumpulkan sel-sel yang ada di leher rahim dan kemudian sel-sel tersebut dites di laboratorium.

Tes ini dapat menunjukkan perubahan sel atau tanda-tanda jika di tubuh Anda sudah atau akan mengembangkan sel kanker di leher rahim. Sehingga, semakin awal Anda melakukan tes yang satu ini, semakin bisa Anda mencegah sel kanker berkembang lebih parah.Semua wanita butuh untuk melakukan pap smear agar perkembangan sel kanker leher rahim bisa dicegah sejak dini. Umumnya, dokter merekomendasikan agar Anda melakukan prosedur tes ini pertama kali pada usia 21 tahun. Setelah itu, Anda bisa mengulang pap smear setiap tiga tahun sekali sampai usia 65 tahun." - Sumber hellosehat.com

PENGALAMAN PAP SMEAR MENGGUNAKAN BPJS KESEHATAN


Aku menjalani tes pap smear di Laboratorium Prodia di Jl.S.Parman (depan Athena Baby). Sebelum menggunakan langsung BPJS Kesehatan,aku mencari tahu dulu langsung ke customer service  step-by- step penggunaan layanan ini secara gratis. Program ini sudah ada sejak tahun 2018. Karena tahun lalu aku sudah pap smear menggunakan uang pribadi, tentu aku skip. Karena pap smear dilakukan setahun sekali dan terutama wanita yang sexually active. Nah, baru kali ini aku mencoba layanan dari BPJS ini. Karena aku sudah lama langganan BPJS, kenapa tidak dicoba?
 
Customer Service Prodia menjelaskan step-by-step nya dengan sangat jelas dan informatif. Tahun lalu katanya, setiap pelanggan yang punya kartu BPJS bisa langsung datang dan bisa menjalani tes ini asal sudah mengikuti syarat dan ketentuan sebelum tes. Tahun ini program pap smear gratis di Prodia sudah punya peraturan baru yaitu wajib punya surat keterangan dokter/rujukan dari faskes tempat BPJS kita didaftarkan. Syarat sebelum menjalani pap smear selain surat keterangan dokter :Tidak sedang mens, tidak berhubungan intin minimal dua hari sebelum tes, tidak sedang menggunakan cairan pembersih area kewanitaan. Seingatku hanya tiga syarat itu yang ditekankan.


Tentu karena sudah mendapat info yang jelas akupun langsung bergegas ke faskes tempat BPJS aku didaftarkan yaitu di Puskesmas Amaliun. Nyampe disana langsung mengajukan keinginan minta surat keterangan dokter untuk pap smear.Tidak membutuhkan waktu lama, sekitar setengah jam lebih sampai surat keterangannya resmi dibuat dengan data valid. Terdapat dua lembar surat keterangan dokter yang merujuk ke Lab Prodia. 

Aku nggak langsung ke Prodia lagi karena udah keburu laper dan anak anak udah capek. Jadi rencana nya besok kesana buat pemeriksaan. Esok pagi, kami bergegas ke Prodia Jalan S.Parman. Setelah diberikan nomor antrian,tak butuh waktu lama, kemudian dilayani. Padahal saat itu lagi ramai juga. Kebetulan aku dapat customer service yang sama dengan hari sebelumnya, jadi udah paham dengan keinginan aku.


Setelah memberikan surat keterangan dokter dari faskes, aku disuruh mengisi data beberapa lembar yang lumayan banyak. Katanya memang sudah ketentuan dari BPJS juga.Kalo aku sih gak masalah, asal kelar urusan. Haha. Setelah mengisi form lengkap sambil dipandu oleh custumor servicenya, kemudian disuruh menunggu sebentar untuk dipanggil lagi buat tes langsung.

Lagi lagi tak membutuhkan waktu lama, petugas nya langsung memandu untuk melakukan tes di Lantai 4. Ternyata di lantai tersebut terrsedia playground yang apik dan colourful buat anak anak. Cocok banget karena emang pas bawa anak anak dan mereka udah mulai kebosanan juga nungguin emaknya. Lumayan lah ayahnya ada hiburan sedikit. Hanya menunggu 5 menit saja, aku pun langsung dipanggil ke ruangan khusus.

Ruangannya bersih dan penerangannya pas. Kemudian disuruh berbaring di tempat tidur dengan ada pegangn kaki nya. Ya seperti kursi sebelum melahirkan.  Sebelumnya dijelaskan alat yang digunakan dalam keadaan steril. Biarpun sudah menjalani tes ini, alu masih deg degan aja. Aha. Ternyata cepat banget, hanya ada kesan sedikit gak nyaman karena merasa di 'congkel'. Tapi suer deh efisien sekali kerja mbaknya. Salut deh. Laporan hasil lab nya menunggu satu minggu dengan diberikan kertas khusus untuk proses pengambilan hasilnya nanti. Memang harus nyiapin waktu sih sekitar 2-3 jam untuk menjalani tes kalo antrian lagi penuh dan tetp harus mengikuti syarat yang diberikan ya. Setelah lewat seminggu, aku pun bergegas mengambil hasil dan alhamdulillah negatif.



So far, aku puas dengan pelayanan Pap Smear Gratis di Prodia Jalan S.Parman Medan ini. Sigap, informatif, efektif, dan efisien. Dan gak ada bayar sepeserpun,  Ruangannya bersih, tersedia playground buat anak anak, dan lahan parkirnya lumayan juga biarpun nggak luas banget. Jadi, kalo punya BPJS Kesehatan bisa banget loh buat pap smear mumpung gratis. Syaratnya gak ribet asalkan mau mengusahakan buat ambil surat keterangan dokter di Faskes yang didaftarkan lewat BPJS ya.

Gimana udah bisa schedule waktunya ?:D







19 komentar

  1. segera aku coba ibuk, akan atur cuti untuk yang satu ini

    BalasHapus
  2. ternyata BPJS banyak manfaatnya ya ... bisa deteksi pap mear di prodia, secara kalau bayar mehong kak

    BalasHapus
  3. Pap smear penting banget ini untuk yang sudah menikah untuk mendeteksi kanker. Betul banget mba lebih baik mencegah dari pada mengobati. Apalagi ada layanan bpjs dan prodia yang membuat pap smear gratis. Kalau di RS hmm muahal bgt. Kalo belum menikah sebaiknya di vaksin untuk Ca Cerviks jadi aman deh.

    BalasHapus
  4. Dulu pernah ditawarin cepk papsmear dari Prodia jg tapi waktu itu lagi hamil jadi ga bisa deh. Semoga dalbqaktu dekat ada lagi Karena memnag betul ya mom, mencegah lebih baik dr mengobati.

    BalasHapus
  5. waaah alhamdulillah sekarang papsmear di Prodia bisa pake BPJS, soalnya kalau bayar pribadi harganya lumayan hehehe

    BalasHapus
  6. Aku belum cek papsmear skg brp yah kalo cek beginian

    BalasHapus
  7. Aku sampai seusia nih belum berani mba mau papsmear kayaknya deg2an deh ..sakit gak mba pas diambil cairannya itu yg bkin takut soalnya

    BalasHapus
  8. Aku juga punya BPJS dari kantor, tapi baru tau kalo BPJS bisa dipake untuk tindakan pencegahan kayak gini. Selama ini taunya untuk pengobatan aja. Ngarepnya sih BPJS bisa gratis scalling gigi juga. Wkwkwkwk...

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah coba pap smear di prodia. Eh tapi proses administrasinya gampang gak mba? Jadi pengen pap smear nih aku. Eh iya info dong mba bagaimana rasanya.

    BalasHapus
  10. Saya jg pernah pap smear gratis pakai bpjs waktu prodia kerjasama dengan rs deket rumah, enggak semengerikan yg dibayangkan ya, hihihi...

    BalasHapus
  11. Kalau periksa pap smear ini dilakukan untuk yang sudah menikah yak.. Kalau daku nanti udah nikah leh uga mencobanya 😍

    BalasHapus
  12. Hua, aku sama beberapa blogger Bandung udah berencana sejak kapan hari deh ikut papsmear ini. Belom terwujud aja. Aku takut. Pdhl kan biar tenang ya. :(

    BalasHapus
  13. Terus terang msh takut2 pap smears. Mbak makasih infonya. Btw "mumpung gratisnya" ini sampai kapan ya? Keren banget sekelas Prodia ini juga kerjasama dengan BPJS ya.

    BalasHapus
  14. Aku belum papsmear lagi nih, aku baru tau nih kalau pakai BPJS bisa ke Prodia. Kayaknya sih mending aku ke Prodia kalau gitu karena ada yang dekat rumah sini.

    BalasHapus
  15. Niat papsmear akutu tapi belum keturutan.. padahal penting ya buat wanita.. pernah baca di prodia bagus emang.. maybe nanti mau cek di sana

    BalasHapus
  16. Kalau ga pake BPJS dikenakan biaya berapa, kak?
    Apa semuanya sama di cabang Prodia manapun?

    BalasHapus
  17. MBa, pas banget aku lagi nyari info lagi soal pap smear. Dan kayaknya aku akan ke Prodia lagi deh buat Pap Smear menggunakan BPJD :) Makaish ya informasinya mbaa

    BalasHapus
  18. Aku juga pernah ikut yg di prodia ini mbak..

    Pap smear memang harusnya rutin dilakukan setahun sekali

    BalasHapus
  19. Kalo sekarang kebijakan di prodia gimana ya? Ada yang tau gk? Apa msh bisa pake bpjs? Trs klo bisa untuk pemeriksaan apa saja? Terimakasih..

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall