Minggu, 27 Oktober 2019

MENGASAH RASA PEDULI DAN DAYA PIKIR SI KECIL DENGAN PERMAINAN EDUKASI DI BEBELAND

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Akhirnya event yang sudah lama kutunggu hadir juga di Medan. Kenapa? Karena ngeliat teman-teman di kota lain sudah ikutan acara yang di prakarsai Bebelac ini dan aku auto ngiler liat area bermain yang tidak hanya seru tapi juga sarat nilai edukasi yang bagus untuk si Kecil.  Tak lain acara tersebut adalah BEBELAND. 

Aku sudah bersiap untuk menghadiri event yang diadakan di Lantai Dasar Plaza Medan Fair. Eits.. jangan salah Bebeland bukan hanya sekedar permainan biasa loh. Setiap area adalah games stimulasi untuj mengasah daya pikir si Kecil untuk menemukan solusi serta menumbuhkan rasa Peduli nya. Wah.. beneran? Pastinya nanti aku bakal jabarin setiap area games yang aku dan Nayla datangin. Psst.. aku datang di hari pertama lho. Yang lebih gregetnya lagi event Bebeland ini diadakan hanya dua hari saja yaitu tanggal 26 - 27 Okt 2019 ( Sabtu&Minggu). 

KOMITMEN BEBELAC DENGAN MENGHADIRKAN BEBELAND

Bebelac percaya bahwa Rasa Peduli dapat mendukung Daya Pikir si Kecil, sehingga penting untuk mengasah keduanya secara bersamaan. Memiliki pengalaman dan inovasi di bidang Nutrisi Awal Kehidupan selama 100 tahun, Bebelac berkomitmen untuk terus mendukung Ibu dalam memberikan nutrisi & stimulasi tepat.

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Sebagai salah satu bentuk komitmen Bebelac untuk medukung Ibu membesarkan Anak Hebat, Bebelac menghadirkan BebeLand, arena permainan edukasi untuk Anak Hebat yang direkomendasikan oleh Roslina Verauli, M.Psi., Psi., Psikolog Anak, untuk mengasah Rasa Peduli dan Daya Pikir si Kecil. Terdapat 8 permainan edukasi yang ditujukan sebagai stimulasi Rasa Peduli. Kombinasi edukasi melalui permainan digital yang modern dan permainan motorik di BebeLand, semakin mempermudah si Kecil untuk menerima stimulasi yang melatih rasa peduli dan daya pikirnya. 

EKSPLORASI BEBELAND - PERMAINAN EDUKASI UNTUK STIMULASI SI KECIL

Karena sudah gak sabar untuk hadir ke venue, aku dan Nayla sudah bersemangat melangkah. Di area pintu masuk Nayla sudah dipasangi Vest Patch yang tujuannya setiap menyelesaikan area permainan akan dipasangi patch di sisi kanan vest nya. Keren ya! Nayla pun sudah kesemsem dengan vest nya karena warnanya meriah dan dikasih stamp di setiap area yang kita datangi. 

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Saat menjejakkan kaki aku terkagum dengan luasnya lahan Bebeland dan rame nya pengunjung yang berbondong-bondong membawa buah hati. Terdapat 8 area yang bisa di explore yaitu Light The City, Feed the Animal, Coral Savior, Save the Animal, Fix the Gears, Find The Way, Helping Friend, dan Preserve The Turtle.

FIBREMETER DAN FEED THE ANIMAL
bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Area pertama yang kami datangi adalah Fibremeter terlebih dahulu. Perpaduan digital yang tidak meninggalkan unsur motorik pada anak. Fibremeter memberikan ilmu kita terutama orang tua tentang asupan nutrisi yang baik di setiap makanan yang kita konsumsi. Untuk menstimulasi anak dengan area ini adalah anak harus memberikan makanan yang sudah dibentuk dan dimasukkan ke dalam box yang sudah disedikan sampai Anak yang berada di Layar kenyang dan tercukupi nutrsinya. Waaahh.. jadi anak bisa belajar bahwa makanan yang tertera di layar adalah makanan yang baik di konsumsi untuk kebutuhan nutrisinya. Tak lupa susu Bebelac. 

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Setelah itu Lanjut ke area FEED THE ANIMAL dengan cara memberikan makanan yang tepat untuk binatang yang sedang kelaparan. Nayla disini jadi belajar makanan apa yang tepat untuk binatang. Disini anak belajar bahwa memberi makan yang tepat untuk binatang mengasah rasa pedulinya. Karena setiap binatang tidak sembarangan dikasih makanan nih. 

PRESERVE THE TURTLE
bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Ini area yang Nayla betah disini. Bahkan cukup lama juga. Namanya Preserve the turtle. Disini anak diajarkan untuk membantu penyu yang sedang terdampar. Huhu kasian ya. Area ini memberikan stimulasi pada Nayla dengan cara penyu di warnai terlebih dahulu. Setelah itu penyu yang telah di kreasikan akan di scan dan hasilnya langsung muncul di Layar dengan animasi laut Lepas. Waaaahh.. Nayla jadi tahu bahwa penyu habitat nya adalah Laut lepas. Nayla sampe terbengong bengong karena visualisasi karyanya di layar. Ibu aja demen apalagi anaknya. Haha.

LIGHT THE CITY

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Area permainan yang terdapat di tengah ini cukup menarik minat. Light the city bertujuan menghidupkan listrik di kota yang padam. Bagaimana caranya? Dengan stimulasi motorik anak mengayuh sepeda untuk menghasilkan energi listrik. Sayangnya Nayla belom sampe nih kakinya buat mengayuh, tapi tentu Kakak pembimbingnya dengan senang hati menjelaskan bahwa usaha kita untuk membantu kota. Cakeeep. Semakin sering kita mengayuh maka kota pun menjadi terang benderang. Waaah! 

SAVE THE ANIMAL
Area ini mengajarkan si Kecil untuk membantu hewan yang sedang terluka dengan menjadi roleplay Dokter Hewan. Bertujuan memberikan edukasi bagaimana menyelamatkan hewan bersama temen temen lain. Di area ini disiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk peduli tentang hewan.

FIND THE WAY

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Uh oh Nayla langsung sigap naik ke punggung si Kancil. Tapi tau gak bagaimana permainan ini? Ternyata Nayla harus membantu si Kancil yang sedang tersesat kembali ke hutan. Caranya adalah mengasah daya pikir si Kecil dengan menunjuk arah yanh bener sesuai yang tertera di Layar. Dengan gerakan motorik dan bantuan kakak pembimbing, Nayla cepat tanggap membawa Kancil pulang ke rumahnya. Yeay! 

FIX THE GEARS

Area selanjutnya adalah fix the gears yang bertujuan memperbaiki jam kota yang rusak. Kasian kan para penghuni kota jadi terhambat aktivitasnya. Nah, Nayla harus menyusun gears dibantu dengan Ibu agar jam dapat berfungsi kembali. Waah.. jadi anak diajarkan peduli akan sesama nih. 

CORAL SAVIOR

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Area terakhir dan yang paling susah lepasnya nih karena Nayla betah banget disini. Karena ada pasir kinetiknya. Waaahh. Jadi area ini mengajarkan si Kecil untuk menjaga kelestarian terumbu karang dan mengenalkan konsep kelautan dengan bersama temen-temen lainnya membuat terumbu karang. Cakeep ya. Area stimulasi motorik dan sensorik yang sangat disenangi oleh anak. Sampe banyak loh anak-anak yang mengerubungi area ini. 

DONGENG ANAK BERSAMA KAMPUNG DONGENG

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Di sela sela istirahat menjelajah permainan, Ibu dan Nayla sempat nih duduk manis di main stage untuk mendengarkan dongeng anak yang di bawakan kak Indri. Ternyata sudah berjejer duduk manis anak-anak lain dan semangat untuk menari dan bernyanyi bersama. Waaaaah.. cerita nya pun bikin Nayla duduk rapih nih. 

COOKING DEMO DAN SCIENCE CLUB

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Setelah itu Ibu nggak sabar melihat demo memasak yang membuat Banana Choco Smoothies. Kudapan sehat ini berserat dan tentu memenuhi nutrisi si Kecil. Eitt.. dan ternyata enak banget loh. Bisa banget ditiru buat Ibu-Ibu dirumah karena resepnya pun simple. Asik! 


Tidak hanya sampai disitu Ibu dan Nayla juga melihat Bebelac Science Club. Waahh.. sudah banyak abang dan kakak yang pengen eksperimen seru nih. Sayangnya Nayla gak ikutan karena sedang mengantuk. Tapi tenang, Ibu dan Nayla duduk manis menyaksikan bahwa belajar sambil bereksperimen ala Bebelac ternyata seru banget. Gak heran banyak anak yang antusias dan berlomba lomba agar selesai misi mereka. Semua dipandu dengan kakak pembimbing agar anak-anak memahami bahwa dengan alat sederhana, science pun dapat dipelajari. Hebat kan! 

TALKSHOW BERSAMA PSIKOLOG ANAK MBAK RUSLINA VERAULI DAN PERSONAL STORY JONATHAN FRIZZY FAMILY

Sesi yang sudah aku tunggu-tunggu adalah sesi berbincang hangat dengan Psikolog Anak yaitu Mbak Ruslina Verauli,M.Psi,Psi. Mbak vera telah approve setiap permainan yang ada di Bebeland loh. Tepat pada pukul 16.15 turut hadir Jonathan Frizzy Family sebagai Brand Ambassador Bebelac. 
Mbak vera mengungkapkan bahwa Marah, cemahls, histeris itu boleh tapi tidak berlebihan. Karena kalau belebihan berarti tidak cerdas emosinya. Ciri anak yang cerdas emosional adalah mampu berempati, cepat tanggap membaca situasi, dan rasa peduli dari kecil. 

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Bagaimana cara menumbuhkan rasa empati? "Beri kesempatan pada anak. Dengan cara stimulasi lewat kegiatan bermain yang menyenangkan sehingga anak bersenang-senang tetapi tetap sarat dengan edukasi" begitu penuturan Mbak Vera. 

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Tibalah sesi personal story dari pasangan yang akrab dipanggil dengan Papa Ijonk dan Mama Dena ini telah memiliki 3 orang anak. "Aku mempunyai 3 orang anak yang dimana karakternya berbeda-beda. Dari kecil anak-anak selalu diajarkan untuk selalu membantu. Contohnya jika aku menjatuhkan sesuatu, maka anak-anak bakal sigap menolong dan bantu merapihkan. Contoh lainnya saat aku jatuh sakit, mereka langsung menanyakan Mama sakit ya? Dan langsung menawarkan membuat teh. Karena biasanya Papa ijonk selalu membuat aku teh kalo aku sakit. Jadi mereka mencontoh yang baik." Ungkap Mama Dena. 

Papa Ijonk dalam sharing personal story nya menambahkan "Aku berpesan anak anak harus baik tidak hanya di rumah tapi di luar rumah kepada sesamanya"

BEBELAC UNTUK MEMENUHI NUTRISI SI KECIL

Bebelac percaya pentingnya bagi si Kecil untuk mulai bisa melihat permasalahan dari hatinya.
Dari sinilah rasa pedulinya terasah dan mendorong daya pikirnya untuk cepat tanggapmemberi solusi yang berguna, tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk sekitarnya.
 Dengan memahami banyak situasi sosial di sekitarnya, si Kecil akan terdorong untuk memberi
respon afektif dan kognitif yang kompleks terhadap kondisi emosional orang lain. Dengan 
memiliki empati, anak mampu:

o Merasakan apa yang dirasakan orang lain
o Bersimpati
o Melihat situasi dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain.

Pemenuhan nutrisi dan kesehatan pencernaan adalah fondasi penting agar si Kecil siap menerima 
stimulasi untuk melatih Rasa Peduli dan Daya Pikirnya. Di masa pertumbuhannya, si Kecil 
membutuhkan nutrisi umum yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya, seperti protein, 
karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat alami. Namun, itu saja tidak cukup. Si Kecil juga 
membutuhkan nutrisi spesifik. Penting bagi Ibu untuk tahu bahwa pemenuhan nutrisi umum dan 
nutrisi spesifik si Kecil akan mempengaruhi perkembangan daya pikir dan emosi / rasa pedulinya. 
Bebelac mendukung Ibu memberikan nutrisi tepat untuk memenuhi nutrisi dan stimulasi si Kecil 
sesuai tahapan usianya.Susu pertumbuhan Bebelac yang dilengkapi dengan Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan, Omega 3, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta Vitamin dan Mineral, dapat menjadi salah satu sumber nutrisi si Kecil untuk mendukung daya pikir, sistem pencernaan, serta 
pertumbuhan yang optimal. 

AYO KE BEBELAND!

Beragam permainan edukasi yang direkomendasikan Roslina Verauli, M.Psi., Psi., 
Psikolog Anak, dapat menjadi inspirasi bagi Ibu dalam memberikan stimulasi yang seimbang dari aspek IQ, EQ, dan SQ. Setiap permainan dirancang dengan cerita “problem – solution” dimana si Kecil dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, seperti melihat banyaknya sampah di laut, menyadari bahwa lampu kota mati sehingga menghambat aktifitas, dan melihat keringnya lahan petani karena sumber air yang rusak. Dalam permainan edukasi ini, si Kecil kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya, seperti memahami situasi sosial dan membantu membersihkan kembali laut dari sampah plastik.

Pesan dari Mbak Vera kepada orang tua untuk menumbuhkan anak yang peduli adalah jangan lupa untuk memberikan sentuhan/kasih sayang, stimulasi anak dengan kegiatan yang melatih sensorik dan motoriknya sehingga anak cepat tanggap membaca situasi dan berempati. 

bebeland-plaza-medan-fair-natrarahmani

Bagi ibu-ibu yang ingin mengajarkan si kecil dengan beragam eksperimen seru di rumah bisa banget kunjungi bebeclub.co.id . Aku sudah coba loh salah satu eksperimen nya dan sangat mudah di tiru untuk menstimulasi si Kecil dan quality time. Di website bebelac juga banyak artikel menarik tentang tumbung kembang si Kecil lho. :D


19 komentar

  1. Saya yg ada di desa suka banget lho eksplor informasi di website seperti bebeclub ini. Banyak informasi tumbuh kembang anak yg bisa saya praktekkan di rumah. Dan banyak yang berhasil...

    BalasHapus
  2. Seru kaaan Bebeland ini.... benar2 mengedukasi sambil bermain

    BalasHapus
  3. Pasti seru ya mom bisa ngajak buah hati ke acara seperti ini. Nggak hanya anak, kita pun sebagai orang tua bisa banyak belajar juga.

    BalasHapus
  4. Acara yg sangat seru ya

    Ini mah ceritanya bermain sambil belajar

    BalasHapus
  5. rame banget, acaranya keliatan seru dan permainannya banyak, anak pasti senang datang kesin ya mba bisa mencoba perbagai permainan yg mengedukasi

    BalasHapus
  6. Kecerdasan Emosional anak emang penting juga buat distimulasi, terlebih di era teknologi canggih seperti sekarang ini, biar anak lebih tanggap peduli sesama

    BalasHapus
  7. Asyik banyak banget ya permainannya mba. Kayaknya emang anak kalau diajak ke sini pasti betah banget y. Makasih infonya, mbaa :)


    Moga diadain terus ya. Heheh

    BalasHapus
  8. Waah...foto terakhir cucok banget, kak...
    Berasa jadi brand ambassadornya Bebelac.

    Btw,
    Vest Patch nya boleh dibawa pulang atau hanya dipinjami?
    Hihii...cantik kostum play nya...

    BalasHapus
  9. Seru banget ya kalu ada event yang banyak permainan interaktif untuk anak2. Apa lagi permainan yang mengedukasi :)

    BalasHapus
  10. Ini namanya bermain sambil belajar ya mba
    Karena ada permainan edukasiny yang bisa mengasah daya pikir anak
    Pas banget untuk ajak ponakan ke event tersebut

    BalasHapus
  11. Seandainya jenis-jenis permainan di Bebeland ada di tempat umum, oke banget

    BalasHapus
  12. Event Bebelac memang selalu menarik y moms anak sama mamanyaa selalu berhasil deh dibikin happy ..senengnya y moms di Bebeland

    BalasHapus
  13. Seru banget deh Bebeland ini. Jadi gak sabar kepengen segera mampir ke Bandung Bebeland-nya. Dulu waktu anak ketiga, main di tempat kayak gini di acara Bebestar. Anak ke-4 semoga bisa main di Bebeland :D

    BalasHapus
  14. Aku malah fokus ke permainan save the animals. Ini pasti ampuh banget membentuk kepedulian pada anak. Aku serig perhatiin anak orang lain yang kalau ketemu hewan ada yang takut, ada yang nangis, ada yang mukul tapi memang ada juga yang mengasihi. Buat anak anak yg takut dan nangis, mungkin permainan di bebeland save the animals ini bisa membantu pemahaman anak anak bahwa animals jg makhluk hidup dan harus dikasihi bukan ditakuti atau disiksa. Dan mungkin penjelasan seperti ini bisa jadi langkah awal anak utk bisa lebih peduli pada makhluk hidup lainnya

    BalasHapus
  15. Waahh, seru banget nih kak. Selain bermain, anak-anak juga di aja untuk belajar ya kak. Next time, kalau di Bekasi ada lagi mesti dateng nih

    BalasHapus
  16. gak dibeda2kan yaaa... bebeland di manapun bentuknya sama. pasti akhirnya hepi banget karena sampai Medan. anak kerasan yaaa.

    BalasHapus
  17. Ternyata bebeland juga udah ada di rmdan, seru deh banyak pemeainan interaktif yang emang dihutuhkan anak

    BalasHapus
  18. wahana permainan bebeland sangat meng-edukasi si kecil bisa berinovasi dengan alam dan teman sekitarnya. semoga bebelac mengadakan acara ini lagi ya ....

    BalasHapus
  19. Seru ya banyak banget aktivitasnya. Di sini Sidoarjo juga kebagian Bebeland ternyata. Sepertinya lebih kecil dan diadakan di swalayan yg entah dimana :D

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall