Minggu, 26 November 2017

Breastfeeding Journey : Proses Menyusu dan Menyapih

Sudah begitu lama ya saya tidak bercerita di blog. Karena keinginan menulis terpendam selama hampir 2 tahun dikarenakan kesibukan yang lainnya. Terlalu banyak cerita yang mau dibagi tapi kali ini saya bercerita tentang proses menyapih anak pertama saya ya yaitu Aidan.

Anak cowok kita tau kalo yang namanya menyusu itu kuat, saya tidak pungkiri itu. Masa masa aidan beberapa hari di dunia saya kelabakan. Karena dia haus mlulu dan banyak, otomatis saya juga harus makan terus supaya terpenuhi kebutuhan Aidan. Sempat saya menangis dikarenakan saya kurang istirahat, bahkan dua hari setelah keluar dari rumah sakit saya gak tidur tidur dikarenakan begadang mlulu dan siangnya ketika mau istirahat banyak tamu yang datang. Sampe senyum pun udah gak ada.

Karena pengen terpenuhinya kebutuhan asi aidan, saya harus makan terus. Bahkan saya sampe bosen loh makan, tapi kalo nggak gitu saya kelaparan dan gak ada tenaga. Akhirnya saya booster asi. Nggak pake obat obat atau teh khusus. Saya hanya minum susu uht berkotak kotak, jus wortel (ngaruh banget), dan makan apapun yang saya suka. Untuk memancing produksi asi saya juga pumping setiap 4 jam sekali biarpun disela sela itu Aidan menyusu langsung dengan saya.

Alhamdulillah asi selalu cukup buat Aidan dan badannya langsung gemuk padahal orang orang tidak menyangka dia gemuk karena lahirnya kecil banget yaitu 2,6 kg. Proses menyusu berjalan aman dan nyaman selama setahun dan mpasi juga gak masalah.

Tiba tiba rezeki datang gak terduga duga, saya hamil lagi sodara sodara. Kehamilan yang tidak direncanakan tapi saya syukuri kedatangannya. Kaget liat garis dua di testpack saya. Pertanyaan beruntun datang dari keluarga dan juga saya. Ketakutan mendasar. Apa saya bisa mengurus anak biarpun lagi hamil? apa asi saya seret padahal Aidan masih menyusu? Apa Aidan makin rewel karena tau bakal punya adek? pertanyaan itu terus menghantui. Bismillah saya tekankan dalam hati.

Kenyataannya Asi saya seret bahkan paling parahnya saat usia kehamilan saya 4 bulan. Aidan semakin susut badannya dikarenakan nyusunya kurang. Saya jadi ngerasa bersalah dan saya menangis setiap malam karena badan yang nggak tau maunya apa( ibu ibu pasti kan hormon yang merajalela saat hamil). Ditambah suami yang jauh di kota seberang.

Saya ingat banget itu, ketika senin malam awal bulan Mei 2017 saya menangis tersedu sedu dan Aidan juga menangis disebelah saya karena dia haus dan harus tidur. Dia tidur dalam keadaan lapar dan basah mukanya karena menangis. Besoknya, saya bertekad menyapih dia. Awalnya saya kasih susu pake dot. Dia gak bisa makenya karena gak terbiasa. Saya ganti lagi dengan media lain yang pake spout. Akhirnya dia mau. Susunya Morinaga Chill Kid Vanilla ya. Tapi proses menidurkan dia yang susah, dia masih maksa minta nenen dan nangis sambil guling guling ditempat tidur. Saya terus menerus ngasih dia pengertian sambil ngelus ngelus badannya. Cukup lama dia tertidur sekitar 1 jam. Begitu terus sampe seminggu.Tiap malam atau tiap mau tidur saya buatkan dulu susunya sambil dikasih pengertian.

Alhamdulillah seminggu awal aja dianya pake drama teriak dan nangis kejer. Kesininya hanya butuh waktu 15 menitan buat nidurin dia biarpun masih pake guling guling tapi gak drama banget lagi. Saya bersyukur banget. Oh ya saya pake gelas spout nya Pigeon ya ibu ibu. Badan Aidan kembali normal dan chubby lagi. Selain susu saya juga kasih makan tapi menunya ganti ganti. Karena Aidan pembosan. Bukan anak anak aja sih, kitapun begitu ya kan.

Intinya kalo pengalaman saya untuk menyapih :

Pertama,SIAPKAN TEKAD KUAT. Ingat niat kenapa kita harus menyapih sang anak, karena kadang kita bisa luluh karena gak tegaan.
Kedua, KASIH PENGERTIAN KE ANAK. Ini penting banget karena biarpun mereka masih kecil tapi mereka mengerti. Berkali kali sampe sang anak mengerti dan gak perlu pake marah marah ke anak ya Ibu. Karena berat bagi mereka berpisah dari Ibu yang terbiasa menyusui dia. Karena menyusu kan bukan hanya supaya anak kita kenyang tapi juga nyaman yang didapatnya.
Ketiga, CARI MEDIA PENGGANTI MENYUSU. Pilih media yang nyaman buat anak. Bisa dot, bisa spout, bisa juga pake gelas langsung. Yang cocok bagi anak dan ibu pun menyetujuinya.

Bulan depan Aidan 2 tahun dan sudah punya adek. Next post saya akan cerita tentang perjalanan melahirkan anak kedua saya beserta biaya yang dikeluarkan ya.



1 komentar

© Natrarahmani
Maira Gall