Senin, 26 Oktober 2020

REVIEW MARUN BOTANICAL : BRAND LOKAL SKINCARE DENGAN KANDUNGAN ALAMI


Seiring bertambahnya umur dan kondisi lingkungan yang tak menentu, tentu kebutuhan skincare yang aman dan nyaman  semakin meningkat. Sudah nggak zamannya lagi untuk acuh dengan kesehatan kulit sendiri. Tidak ada yang instan, semua butuh proses. Karena kesehatan kulit adalah investasi jangka panjang. Bayangkan, jika masih menggunakan skincare dengan kandungan yang berbahaya seperti mercuri atau hydroquinon. Memang efeknya langsung terlihat cepat, tapi pernah nggak kita terpikir bahwa jika digunakan dalam waktu lama akan berdampak buruk bukan hanya kesehatan kulit yang tampak dari luar tapi juga kesehatan diri dari dalam. 

Skincare dengan kandungan plant-based bisa kamu coba dalam skincare routine kamu. Apa spesialnya tentang plant-based? Skincare dengan bahan berbasis tumbuhan mengandung banyak nutrisi tidak hanya bagi tubuh tapi juga kesehatan kulit saat digunakan. Selain itu Plant-based oil memiliki komposisi yang mirip dengan lemak kulit sehingga bisa dimetabolisme oleh kulit dan dimanfaatkan zat-zatnya. Adakah brand lokal yang keseluruhannya mengusung kecanggihan plant-based? Mari kita berkenalan dengan Marun Botanical.

ABOUT MARUN BOTANICAL



Natural, plant-based and aromaceuticals. Let nature nourish you.

Baru kali ini aku mengetahui tentang Marun Botanical. Brand ini re-branding yang sebelumnya bernama Marun Aromatical dan sudah berdiri sejak tahun 2015. Produk mereka tidak hanya skincare saja, terdapat pula hair care, body care, essential oil. Marun Botanical menggunakan 100% berbahan natural tumbuhan yang sangat baik untuk menutrisi kulit, slow aging, dan tentu eco-friendly.  Tak hanya itu, produk Marun Botanical mengandung essential oil sehingga wangi yang terdapat di produk skincare marun berasal dari perpaduan kandungan tumbuhan serta essential oil.


Aku mencoba dua produk dari brand ini yaitu Purifying Cleanser Face Wash dan De-Stressing Moisturizer Day Cream. Semua produk Marun bebas dari Alcohol, Fragrance, SLS, Paraben, Silicone, dan pewarna sintetis. Sounds good, ya? Mari aku jelaskan nih tentang dua produk dari Marun botanical yang sudah aku coba selama dua minggu. 

MARUN BOTANICAL FACE WASH (PURIFYING CLEANSER)

Netto : 65ml
Harga : Rp 75.000
Komposisi Utama : Oatmeal&Lavender.



"Sabun wajah yang lembut membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sesudah pemakaian, kulit akan terasa halus dan lembap tanpa meninggalkan sensasi seperti kulit tertarik"

Sekarang ini untuk sabun pembersih wajah aku lebih memilih yang melembapkan. Karena setelah berkelana ke beberapa sabun wajah, aku bisa menyimpulkan face wash yang hydrating lebih friendly buat wajahku yang tergolong sensitif. Jadi, jika ada produk yang tidak mengandung SLS/SLES atau paraben aku pasti tertarik. Tak ketinggalan akupun mencoba face wash dari Marun Botanical.  

Kemasan : Tidak punya box khusus. Dikirim dengan tas serut marun botanical. Tentu saja di wrapping rapat menggunakan bubble wrap agar produk terjaga keamanannya. 



Produknya sendiri berbentuk tube berbahan dasar plastik. Aplikatornya berbentuk pump dengan tutup transparan. Pumpnya lancar untuk mengeluarkan produk. Terdapat informasi mengenai klaim produk, expired date, komposisi, cara pakai, tempat produksi. Desainnya cantik dengan ilustrasi tumbuhan dan buah. Handy untuk dibawa travelling tanpa takut meleber kemana mana. Secara keseluruhan, informatif dan aman. 

Cara Pemakaian : Campur sabun dengan sedikit air, lalu pakai untuk membersihkan wajah. 





Komposisi : Aqua, decyl glucoside, glycerin, aloe vera extract, apple extract, oatmeal colloidal, AHA fruit acids, lavandula angustifolia, preservatives eco. 

Face Wash Marun Botanical SLS/SLES free, Paraben free, Alcohol Free, dan Fragrance Free. Terdapat AHA Fruit acids yang merupakan natural AHA untuk mengangkat sel kulit mati. Oatmeal bertugas sebagai agen menghaluskan kulit. Glycerin dan aloe vera membantu melembapkan kulit.


Tekstur dan Scent 



Sabun pembersih wajah ini teksturnya gel keruh yang creamy dan mudah dibalur. Wanginya perpaduan lavender dan apple. Cukup subtle di penciuman karena tidak mengandung fragrance dan alcohol. 

Performa 
Seperti yang aku bilang hydrating face wash menjadi idaman aku dan face wash Marun Botanical ini masuk kriteria tersebut. 

Aku paling suka menggunakan di pagi hari. Cocok sebagai morning cleanser. Teksturnya yang creamy dan minim busa, sangat mudah dan gentle di balur ke wajah. Experience selama memakai face wash ini cukup menyenangkan karena wanginya yang subtle dan khas essential oil yang relaxing. Biarpun face wash ini gentle, tapi daya membersihkannya cukup oke lho. Karena mengandung natural acids untuk menumpas kotoran yang tentu berasal dari buah-buahan. Cukup mudah dibersihkan tanpa meninggalkan kesan licin/keset. Terasa melembapkannya. Bisa dilihat di foto before - after. PAO nya cukup panjang yaitu selama 1 tahun (12 bulan).

Karena setelah aku pakai face wash marun botanical ini, aku selalu menggunakan toner setelahnya. Ternyata kotoran/residu tidak menempel. Kece kan. Sabun permbersih wajah ini juga termasuk hemat. Karena cukup dua kali pump cukup untuk cover keseluruhan wajah. 

MARUN BOTANICAL DAY CREAM (DE-STRESSING MOISTURUZER)

Netto : 20ml
Harga : Rp 125.000
Komposisi utama : Chamonile dan Geranium.
Cocok untuk semua jenis kulit.



"Pelembap wajah yang memiliki tekstur ringan namum memberikan kelembapan maksimal, sekaligus melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dan radikal bebas. Sesudah pemakaian, kulit akan terasa lembap dan lembut. Cocok untuk semua jenis kulit"
Karena punya tipe kulit berminyak, day cream yang friendly ke wajahku adalah yang teksturnya ringan dan cepat meresap. Nilai plusnya kalo bisa membuat kulit tampak lembap. Tentu kulit berminyak pun sangat butuh moisturizer yang melembapkan lho. Tapi tentu tricky kan ya mencari day cream yang gak gerah untuk daily use? Aku pun berkenalan dengan Marun Botanical Day Cream yang dikenal juga De-Stressing Moisturizer. Cukup unik ya. Ternyata nama produk tersebut sesuai dengan kandungan essential oil didalamnya. Sehingga pengalaman saat memakai day cream ini menenangkan dan menyenangkan. 

Kemasan : Dikemas dalam tas serut silk yang cantik. Tentunya pengemasannya pakai bubble wrap agar aman selama pengantaran. Day Cream Marun Botanical ini kemasannya tube ramping yang handy. Travel friendly. Terdapat tutup transpara yang rapat sehingga higienis. mencakup informasi mengenaik kandungan utama, manfaat produk, komposisi, tempat produksi, dan expired date. 

Tubenya berbentuk airless pump sehingga meminimalisir masuknya udara ke tabung. Tak hanya itu, tutupnya cukup secure sehingga tidak takut meleber apalagi dibawa berpergian. Sleek dan minimalis. 





Cara Pemakaian : Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan di pagi hari. 

Komposisi : Aqua, Aloe vera Extract, hemp seed oil, capric trygliceride, moringa seed oil, raspberry seed oil, cetearyl olivate, Sorbitan olivate, cetyl alcohol, glycerin, raspberry extract, chamomile extract, allantoin, pro-vitamin B5, Pelargonium graveolens, Lavandula angustifolia, Cymbopogon martinli, preservatives eco. 



Tekstur dan Scent : Seperti namanya De-Stressing Moisturizer, wanginya emang relaxing. Wnagi khas geranium dengan perpaduan essential oil didalamnya. Teksturnya yang paling aku suka. Creamy dengan hint warna kuning pudar yang mudah dibalur dan ringan di wajah. 




Performa 

Bisa dikatakan aku termasuk pecinta moisturizer, karena goal skin aku itu punya kulit wajah yang lembap dan tentunya sehat. Marun Botanical Day Cream fungsinya sebagai anti-aging, menenangkan, dan juga melembapkan kulit. Aku juga impress dengan packagingnya yang berbentuk airless pump sehingga meminimalisir udara yang masuk ke tube. Tentu ini pun menjaga kualitas produk didalamnya yang mostly bahan natural. 

Saat pertama kali mengeluarkan produk aku cukup suka dengan teksturnya yang creamy dan mudah dibalur. Ringan untuk penggunaan di pagi hari. Tidak ada kesan lengket atau greasy. Teksturnya  begitu dibalur ke wajah lebih terasa satin-like karena lembut. Finishnya bikin wajah instantly moist dan smooth. 


Selain itu De-stressing moisturizer ini wanginya relaxing dan cepat meresap. Butuh waktu beberapa detik kemudian baru masuk ke step sunscreen. Penting adanya ya menggunakan sunscreen setiap hari setelah penggunaan day cream. Progress yang aku rasakan adalah selama pemakaian day cream ini aku cukup merasakan efek shooting nya ke wajah. Ditambah pula efek moist yang aku butuhkan. Penggunaannya cukup satu kali pump saja untuk seluruh wajah. 

KESIMPULAN 

Dengan konsep natural skin care, Marun Botanical bisa jadi pilihan skincare yang aman dan nyaman untuk pemakaian jangka panjang. Tentu dibutuhkan proses kan untuk mendapatkan kulit sehat. Karena kesehatan kulit merupakan investasi jangka panjang. Mungkin gak kerasa sekarang, tapi bakal terlihat beberapa tahun lagi. Kesemua produknya tentu 100% plant-based dan paraben free. Mana yang paling favorit diantara dua produk yang aku pakai selama dua minggu ini? 

Jawabannya adalah Day Cream. Sesuai dengan klaimnya aku cukup merasakan efek shooting dan moist yang aku butuhkan. Tentu saja purifying cleanser nya bisa kamu coba untuk kamu yang mau beralih ke face wash yang melembapkan. Menurutku performa produk Marun Botanical sebanding dengan harga yang ditawarkan. Tentunya, pada tanggal 28 Oktober Marun botanical Grand launching website terbaru dengan promo diskon sampai 30% -50% dan hanya satu hari aja lho. 
 
Percaya deh, kalian harus coba produk dari Marun Botanical. Give you a healthy looking skin indeed!


MARUN BOTANICAL
Instagram : @marunbotanical









Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Natrarahmani
Maira Gall