Rabu, 30 Mei 2018

SECOND GATHERING MEDAN BEAUTY BLOGGER


Kemaren tepatnya tanggal 29 Mei 2018, Medan Beauty Blogger mengadakan Gathering dan intimate workshop kepada para member. Medan beauty blogger adalah komunitas para beauty blogger yang berbasis di Medan dan sama sama mempunyai passion dalam menulis. Tidak hanya itu MBB juga bersama sama membangun dan merangkul para blogger yang ingin belajar untuk menghasilkan blog yang google-worthy. Dalam artian blog organik yang menarik minat pembaca dan bermanfaat bagi yang membacanya.


Sejujurnya ini adalah pertemuan pertama saya dengan para member, karena gathering yang pertama yang diadakan di Warung Sambalan Jalan Halat saya berhalangan hadir dikarenakan ada prioritas lain. Sempat deg degan karena cuman saya yang bawa baby dan sudah mewanti wanti kepada member lain jika sang baby nanti agak 'bersuara'. Alhamdulillah member saling support dan memberikan keleluasaan aku untuk ikut belajar bersama. Kak Amelia Pratami atau yang disapa kak Amel yang pertama kali saya jumpa dan langsung nge-klik. Langsung berasa akrab dan baik banget orangnya. Acara ini dihadiri oleh 8 orang dan semuanya ikut andil dalam diskusi yang hangat dan intim. Iya emang tau kan kalo beberapa cewek yang punya passion yang sama jadinya ceritanya nyambung. :D


Gathering kali ini tidak hanya sekedar berkenalan tapi juga membuka workshop tentang bagaimana mempercantik blog dan belajar bagaimana menjadi beauty blogger yang baik. Pembicara di acara ini adalah founder dari medan Beauty Blogger sendiri yaitu Nesya yang sudah dikenal sebagai Lifestyle &Beauty Blogger di Medan.  Ilmu yang diberikan begitu banyak dan dijelaskan step-by-step. Tema yang diangkat adalah bagaimana kiat review produk yang baik bagi seorang beauty blogger. Nesya sendiri memaparkan dengan ringan dan penuturannya dapat kita praktekkan langsung. Makanya para member diharapkan membawa laptop sendiri untuk langsung belajar kepada yang sudah berpengalaman seperti dua founder yang lain yaitu kak Amelie Pratami dan Kak Ririn Wandes.

Berikut adalah Tips yang dipaparkan oleh Nesya untuk menulis review produk yang baik :
  1.  Packaging.Menjelaskan bagaimana kemasan dari suatu produk. Mulai dari tampak depan, tampak samping, tampak kanan dan kiri. Cari tahu apa yang membuat kita suka dengan kemasannya. Karena memang first Impression suatu produk itu penting. Ini berpengaruh loh. Karena dimana mana kita jika ingin membeli suatu produk pasti ngeliat kemasan atau packaging luarnya kan. Terdiri dari berat, warna, bentuk, dan juga harga.
  2. Ingredients. Apa sajakah bahan yang terkandung dari produk tersebut. Penting untuk mengenal dan mencari tahu produk yang kita pakai. Jadi kita sendiri maupun pembaca sama sama belajar untuk lebih memahami kandungan produk. Gak asal sembarangan pake kan jadinya. Karena memang ada beberapa bahan gak cocok untuk tipe kulit tertentu.
  3. Tekstur. Nah suatu produk itu bisa dijelaskan bagaimana teksturnya. Pembaca ingin tau bentuk dari tekstur suatu produk. makanya penting kita jelaskan beserta poto untuk mendukung penjelasan tentang tekstur ini. Karena setiap produk bermacam macam bentuknya ada yang cair, lengket, keras, jelly ataupun bubuk
  4. Klaim produk. suatu produk biasanya memaparkan klaim di bagian kemasan atau di media sosial mereka. Kita turut mencantumkan klaim ini untuk memberikan info kepda para pembaca.
  5. Pemakaian dan Hasil. Nesya menjelaskan perbedaan antara first impression dan pemakaian rutin. First impression adalah pemakaian pertama yang kita rasa atau efek pada penggunaan pertama kali. Nah pembaca biasanya juga ingin mengetahui bagaimana hasil pemakaian jangka panjang apakah memang efeknya sesuai dengan kalim dari produk. Disini juga harus dicoba dan menjelaskan detail cara pemakaiannya. 
  6. Pro and Cons. Ini adalah personal opinion dari kita sebagai penulis. Karena pembaca ingin mengetahui bagaimana pengalaman kita dari penggunaan produk tersebut.
  7. Info bagaimana mendapatkan produk tersebut. Bisa mencamtumkan website, akun instagram, atau e-commerce dari brand.
Semua terlihat bersemangat dan diskusi pun tercipta antara member yang hadir pada sore itu. bener bener intimate gathering dan sekaligus memberikan ilmu yang bermanfaat. Terima kasih Medan Beauty Blogger dan tunggu next gathering kita ya.


MEDAN BEAUTY BLOGGER
Passionate about beauty & writing
Join our community : @medanbeautyblogger

2 komentar

  1. Sampai ketemu di gathering selanjutnya Atha..

    BalasHapus
  2. Waww sebenernya ini first gathering gitu sama faiz, faiz terlalu awam dengan dunia make up, cuma wanita gak jauh dari make up kan? Maka seneng aja pertama kali jumpa mereka" ini luar biasa semoga bisa ketemu lagi

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall