Kamis, 26 Juli 2018

REVIEW THE ORDINARY NIACINAMIDE 10% + ZINC 1%


review-the-ordinary-niacinamide-zinc

Untuk urusan skin care saya paling susah di racuni, dan sering make berulang ulang produk yang cocok di muka. Type kulit saya itu oily, large pore, bekas jerawat sedikit, dan dull skin. Untuk masalah bekas jerawat tinggal sedikit lagi sih, cuman yang paling ganggu itu ya pori pori yang besar dan kulit yang kurang terhydrasi jadi nampak lelah dan tua. This is seriously my concern. Pengennya ya kan umur mendekat 30, tapi kulit masih kayak 20 an.:D

Sebelumnya saya udah pakai rangkaian Clearly Corrective White Kiehls lengkap beserta serumnya. Bakal dibahas juga ya di post selanjutnya tentang brand ini.  Nah tetiba kepengen nyoba serum lain dan penasaran dengan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Karena ini nge-hype dikalangan beauty blogger yang katanya ampuh banget memudarkan bekas jerawat, mengecilkan pori pori, dan mengontrol sebum. Apakah benar?

ABOUT BRAND

review-the-ordinary-niacinamide-zinc

The  Ordinary merupakan anak perusahaan dari DECIEM yang diproduksi di Kanada. Base-nya di New York City. Tagline mereka "The Abnormal Beauty Company" yang launching tahun 2013 di Toronto. Deciem diambil dari bahasa Latin , Decima yang artinya "Kesepuluh". Tidak hanya fokus ke skin care tapi juga make up dan hair care. Ada sepuluh brand di bawah naungan DECIEM company dan The Ordinary yang paling mencuri perhatian. Nama nama produknya ngingatin aku sama zat .sama geek-chemist. Contohnya ya kayak The ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini.

What i love about this brand adalah kesimpelan dan sleek monochrome tone design. Terlihat di tampilan website meerka yang dibalut hitam dan putih. Tak hanya itu pakcaging dan marketing mereka juga straight to the point tanpa tedeng aling aling. You got what you see. Mereka transparant soal bahan yang terkandung didalamnya yang malah bikin DECIEM jadi brand yang stand-out in the crowd. Kita tau beberapa brand malah sugar coating about their product. Yang malah bikin customer bingung karena klaim gak sesuai kenyataan. The Ordinary fokus kepada bahan yang terkandung didalamnya dengan penjelasan secara jujur tentang bagaimana dan efek pemakaiannya. No gimmick. Brand ini menjadi rising star sepanjang tahun 2017 dengan berbagai penghargaan dari media beauty. The Ordinary merupakan skin care yang affordable and simple package. Paling mahal dari brand ini berkisar 300 ribuan.


PRODUCT DESCRIPTION

review-the-ordinary-niacinamide-zinc

Nama Produk : The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%
Brand : dibawah naungan DECIEM
Klaim : High-Strengh Vitamin and Mineral Blemish Formula
Size : 30ml /1 Oz
Harga : 9.80USD/ Rp209.000
ph : 5.50-6.50
Diproduksi Kanada
Bisa di beli di : BENSCRUB


PACKAGING

review-the-ordinary-niacinamide-zinc

Botolnya dari kaca bening dengan penutup karet warna putih agak tebal dan kencang. Jadi kayak langsung dikeluarkan dari laboratorium aja nih packaging.  Kotak pembungkusnya juga warna putih dan tekstur kotaknya kayak beludru. Langsung berasa mewah biarpun minimalis banget designya. Dengan deskripsi nama produk, kegunaan, bahan, asal produk, dan berat. Kusuka produk yang packagingnya begini. Tak bertele tele.

 Botol kacanya tebal  jadi kalo jatuh gak bakal nyesek kali karena takut pecah. Kemaren sempat dijatuhkan sama anak aku dan ga pecah sama sekali bahkan retak pun nggak. Aku udah mau pingsan karena baru banget beli, alhamdulillah aman. Aplikatornya berbentuk pipet dengan tutup berwarna putih. Tutupnya secure jadi aman dan gak bakal takut ketumpahan. Nilai plusnya lagi, travel size jadi mudah dibawa kemana mana.

INGREDIENT

Aqua (Water), Niacinamide, Pentylene Glycol, Zinc PCA, Dimethyl Isosorbide, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan gum, Isoceteth-20, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.

Itu merupakan full list bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini Alcohol Free, Gluten Free, Vegan, Cruelty Free,  Nut Free, Silicone Free, dan Oil Free. Seperti nama produknya ada dua bahan yang berperan aktif yaitu Niacinamide dan Zinc. Klaim dari Ther Ordinary tentang produk ini dapat mengontrol sebum di wajah dan memudarkan bekas jerawat. Untuk acne-prone skin dan oily skin cocok dengan produk ini. Mari saya detailkan kegunaan dua bahan ini ya. So here we go:
review-the-ordinary-niacinamide-zinc

NIACINAMIDE : atau disebut Nicotonic Acid adalah  bahan yang mengandung vitamin B3. Didalam kulit kita ada namanya sel Langerhans yang berfungsi mempertahankan dan melindungi kulit. Tapi kalau kulit sering terpapar matahari, maka sel tersebut tidak dapat bekerja. Nah Niacimamide inilah yang membantu pertahanan kulit terluar. Jadi sebagai 'benteng' untuk kulit.

Karena kandungan vitamin B3 nya berfungsi menjaga elastisitas kulit. Jadi memang sifatnya sebagai anti-aging juga, karena kandungan Vitamin B3 nya meningkatkan produksi ceramide yang mengunci kadar air.Tak hanya itu Niacinamide juga mengatasi kemerahan pada kulit dan mengontrol sebum pada wajah. Jadi kulitnya yang berminyak gak bakal menjadi kering. Selain itu, bahan ini juga berfungsi mengurangi acne scar atau bekas jerawat. Tapi dengan pemakaian rutin ya. Yang aku baca butuh 12 minggu untuk melihat hasi kerja Niacinamide ini. Yang namanya skin care mana ada yang instan kan. Plusnya lagi pori pori jadi mengecil dan bersih karena bahan ini mengontrol produksi minyak. Bahkan Niacinamide ini memerangi kulit kusam karena paparan sinar matahari dan mencerahkan wajah. banyak banget manfaatnya di satu bahan.

ZINC : atau yang dikenal dengan nama lain seng. Zinc berperan untuk menyeimbangkan hormon, mengurangi masalah jerawat, dan mematikan bakteri pemicu tumbuhnya jerawat. Jadi zinc ini fungsinya menenangkan kulit yang berjerawat dengan mengontrol minyak didalam kulit dan kotoran yang menumpuk di wajah.. selain itu Zinc berfungsi melawan radikal bebas akibat paparan sinar matahari.


TEKSTUR AND SCENT 

review-the-ordinary-niacinamide-zinc

Tekstur dari The Ordinary ini adalah water gel formula  dan kental medium. Warnanya bening keruh gitu. Kirain bakal sticky/ lengket tapi begitu dioleskan ke muka langsung cepat banget ngeresapnya. Malah sampe bingung karena gak ada residunya sedikitpun karena daya resapnya itu. Sangat ringan dan efek pertama pemakaian gak ada tinglingnya atau cekat cekit. Gak ada aromanya sedikitpun yang jadi nilai plusnya.

CLAIM AND USES
review-the-ordinary-niacinamide-zinc

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% adalah High Strengt Vitamin  serum yang berfungsi untuk mengurangi bekas jerawat yang menghitam dan pori pori yang tersumbat (congestion/clogged pores). Karena konsentrasi bahan yang terkandung didalamnya yaitu Naicinamide + Zinc dimana duet zat utama ini mengembalikan kelembapan kulit dan mengontrol sebum di kulit. Nah produk ini tidak menyembuhkan jerawat yang peristen ya hanya berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat , membersihkan pori pori, dan mengontrol sebum di muka. Jadi sangat cocok buat kulit acne-prone skin atau oily skin.  Jadi bagi yang mau menangani masalah jerawat yang muncul dan susah hilang disarankan pake Benzoil Peroxyd/ Retinoid Acid. Tidak disarankan juga pake skin care yang mengandung BHA secara bersamaan dengan serum ini.

Pengunaannya adalah pada pagi atau malam hari sebelum memakai cream yang lebih berat.  The Ordinary juga menjelaskan  bahwa penggunaannya tidak boleh digabungkan dengan skin care lain yang mengandung Vitamin C. Karena akan menimbulkan kemerahan pada kulit dan vitamin C tidak akan bekerja dengan baik. Kemerahannya bersifat sementara sih tapi sebaiknya dihindari apalagi yang kulitnya berjerawat. 

Di websitenya  menerangkan penggunaannya terpisah.  Baiknya The Ordinary ini pada pagi hari dan skin care yang mengandung Vitamin C pada malam hari. Gak mau kan ya tiba tiba kulit kemerahan dan cekit cekit kayak kepiting rebus. Tentu setiap orang kulitnya berbeda beda dan penyembuhan pun berbeda. Selain itu, disarankan juga penggunaan sunsreen ya setelah treatment skin care kamu. Bukan karena pake ini juga sih, tapi memang suncreen wajib biarpun didalam rumah.

BACA JUGA : NATURE REPUBLIC ALOE VERA SOOTHING GEL AND MOISTURIZER 92%

FINAL VERDICT

Serum ini nyampe ke rumah tanggal 24 Juni dan besoknya aku langsung pakai. Udah jatuh cinta sama designya yang minimalis dan to-the-point semua yang nyangkut di produk ini. Pas di gengaman tapi emang agak berat karena botol kaca. Tapi packaginya kokoh sih karena kacanya lumayan tebal. Kemaren sempat dibanting sama anak aku dan gak pecah. Alhamdulillaaah ya. 

Nah pipetnya tebal dan ketat banget jadi pertama kali ngeluarin produknya agak payah. Tapi kesininya udah nggak sih. First impression, formulanya water gel bening keruh dan nggak ada bau nya. Awalnya skeptis ini bakal greasy, ternyata daya serapnya cepat banget. Beneran nggak lama dioleskan ke kulit udah langsung nyerap. Aku make ini single use ya gak digabungin dengan regimen Ordinary lain karena memang penasaran sama produk ini. Pemakaiannya aku kolaborasikan sama Kiehls. hasilnya belom terlalu keliatan banget tapi progressnya ada . Karena yang aku tau memang zat Niacinamide ini kelihatan hasilnya berkisar 12 minggu, jadi memang musti sabar.


Kulit aku termasuk yang berminyak dan masih ada sisa bekas jerawat yang dulu dulu begadang pas masa kuliah. Belom hilang apalagi di daerah dagu. Belom tampak mengurangi bekas jerawat. Untuk urusan sebum, the ordinary ini mulai keliatan berkurang di muka aku setelah 3 minggu pemakaian. Tokcer ngontrol minyak di muka jadi gak glossy kali sekarang. Untuk urusan jerawat yang masih ada ini nggak begitu ngaruh ya karena memang klaim dari mereka juga ini bukan untuk menghilangkan jerawat yang persisten tapi menyamarkan bekas jerawatnya aja. Jadi yang punya kulit berjerawat disaranan pake produk lain. Aku biasanya kalo ada jerawat ya di masker pake irisan lemon sih dan didiemin selama 10 menit terus dibilas. Ampuh banget yang natural begini.

Step penggunaan aku dengan serum ini : Facial Foam - Toner - Essence - The Ordinary - Moisturizer - SPF. Biarpun di rumah aku tetap pake sunscreen  biarpun tipis. Aku makenya hanya pagi aja. Tapi biarpun begitu mulai keliatan kalo ini cocok di aku. Pori pori emang belom mengencil tapi yang senangnya muka aku keliatan bersih aja. Jadi pake make up udah senang karena kulitnya gak stress kali. Nanti bakal aku rutinin pemakaiannya setelah 4 bulan ya pengen tau memang sebagus itu. karena selama 4 minggu aja udah cukup signifikan juga. Gak bikin cekat cekit juga di kulit. Apakah repurchase? Bakal liat kalo udah habis satu botol ya. Tapi so far aku demen dan cocok.

PROS
(+) Daya serap cepat
(+) Packaging sturdy dan secure
(+) Travel friendly
(+) Not sticky or greasy. Because water gel formula.
(+) Alcohol Free, Vegan, Cruelty Free, Oil Free, Silicone Free, Gluten Free
(+) Affordable price
(+) Ampuh buat ngontrol sebum di wajah. Gak bikin wajah jadi kering atau berminyak banget.
(+) pori pori lebih clean dan kulit jadi lebih lembab
(+) Bikin wajah jadi lebih cerah biarpun masih pemakaian 4 minggu
(+) Ringan di kulit

CONS
(+) progress nya lambat untuk menghilangkan bekas jerawat .Mungkin karena hanya pake pas pagi hari dan tidak dibarengi sama regimen yang lain.

REPURCHASE : MAYBE YES/MAYBE NO . Lihat sampe pemakaian terakhir.

Rating : 4/5










22 komentar

  1. Wah di ata ga cekat cekit ya? Aku prnah baca d beberapa review ada efek begitu. Makanya sempat mau nyoba tapi maju mundur. Aku agak galauan kalo milih skincare. Karena efeknya kan langsung berasa kalo ga cocok. Tapi ini bisa jadi referensi kali lah. *panjangnyaaaaa* LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun impulsif ini lah kak, takut kali bakal bablas sama muka. Alhamdulillah cocok kak biarpun progresnya lambat.

      Hapus
  2. Aku maju mundur mau pake niacinamide ini krn lagi pake granactive retinoid 2% pas malemnya. Kira2 cocok ga ya kalo digabungin. Aku bingung hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau aku asal jangan digabungin sama yang ada kandungan vitamin C nya aja kak atau yang mengandung AHA karena malah bikin kulit cekat cekit.

      Hapus
  3. Nah.. ini banyak berseliweran di timeline IG. Sempat hampir teracuni. tapi mikir-mikir dulu soalnya kulit aku sensitif. dan baca blog kakata, jadi mikir lagi.. wkwkkwkkk aku kalau habis nyobain skincare pasti ada aja responnya.mulaidari gatel,panas sampe cekat-cekit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarpun ini katanya cocok buat semua tipe kulit, sebaiknya gak usah dicobain dulu tari. Takutnya malah makin merah. Coba cari referensi ada nggak yang punya kulit sensitif pake ini. Karena rata rata yang aku baca yang berminyak semua.

      Hapus
  4. Hmmm... kyknya bisa nih. Btw harganya pasti menguras hati 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Range harganya ditengah kak, sekitar 200 ribuan tapi lumayan hemat karena penggunaannya pun nggak banyak.

      Hapus
  5. Kecil-kecil cane rawit nih, kira-kira harganya mahal gag ya mbak?

    BalasHapus
  6. Benar sekali nyesek kalau baru beli , sudah jatuh . apalagi harganya lumayan.untungnya kemasaan ok

    BalasHapus
  7. Untuk perawatan kulit wajah emang harus super hati2 ya Mbak. Soalnya langsung terlihat & sangat sensitif, beda sm kulit tangan atau kaki....

    BalasHapus
  8. Waw kemasannya kayak obat atau dari laboratorium gtu ya bun, unik. Pas dipakai keliatan banget hasilnya jauh gitu ama sebelum digunakan ke wajah. Aduh saya harus nabung dulu nih kalau pakai skin care gtu karena belum biasa

    BalasHapus
  9. Wah penilaiannya 4 dari 5. Kayaknya oerlu dicoba nih. Saya juga memlunyai kulit muka yg sama dgn mba Natra. Oily dan bekas jerawat. Jadi pori2 membesar. Ma kasih infonya mba

    BalasHapus
  10. Muka aku juga termasuk oily dan pori-pori besar, jadi penasaran sama produk ini. Bisikin dong Mbak perkiraan harganya berapa?

    BalasHapus
  11. Wah pikirku juga berminyak mbak.. Kalau hasilnya bagus, boleh juga nih rekomendasi kepadaku, apalagi kalau harganya ramah di saku, hehehe

    BalasHapus
  12. iyaaa pengen banget mbak bisa balik kyak awal 20gt umurnya.. tapi makin kesini kulit gampang kering ya. pengen nyobain takut kantong nangis

    BalasHapus
  13. Wah ga boleh digabung dgn skincare lain yg sama2 mengandung vitamin C ya. Tapi Vit C emanf bagus buat regenerasi kulit.

    BalasHapus
  14. Saya ada 1 bekas jerawat di dagu. Gregetan aja karena susah hilangnya. Kayaknya saya perlu cobain pakai ini, ya :D

    BalasHapus
  15. kulit saya juga berjerawat dan ada bekasnya
    apalagi jerawat stress dan mau halangan
    jika memang bagus saya mau nyoba deh
    soalnya pengin wajah kinclong juga nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak kalo urusan belas jerawat ini ampuh buat memudarkan. Tapi bukan untuk menyembuhkan kulit yang sedang jerawat ya kak itu lain lagi produknya.

      Hapus
  16. Setelah AHA dan BHA ada lagi Niacinamide ya kak. Aku pake Wardah Exfoliating Toner aja udah ok kali kak no sebum, no komedo, bekas jerawat bablas. Apalagi pake ini mgkn bisa semulus porcelain ya. Tapi blm beranuberani coba masih sayang sama Wardah Exfoliating Toner wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inipun aku pake hasil berani keluar zona nyaman dan impulsif sebenarnya. Karena rave nya dahsyat kali. Udah komat kamit takut gak cocok. Alhamdulillah cocok cuman emang progresnya gak cepat kak.

      Hapus

© Natrarahmani
Maira Gall