Jumat, 05 Oktober 2018

REVIEW FREEMAN APPLE CIDER VINEGAR FOAMING CLAY MASK + SCRUB

review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

Well, jangan bosan lihat saya review tentang masker akhir akhir ini ya. Karena memang ternyata maskeran apalagi kalau rutin minimal seminggu tiga kali, beneran sangat berpengaruh buat kesehatan kulit. Tak hanya itu, make up lebih bagus nempelnya ke kulit dengan trik maskeran sebelum make up. (beberapa kali nyoba dan really work).

Kali ini aku mau review brand yang sudah terkenal dengan beragam varian maskernya dan booming karena youtuber Suhay Salim, highly recommended this product. Tak lain tak bukan adalah FREEMAN. Aku baru mengenal freeman awal mulanya karena diracuni temen yang emang cinta banget sama kak suhay. Tetiba jodoh tak kemana, @beautycase_mdn buka PO dan jatuh cinta dengan Freeman Dead Sea Mineral Clay Mask. Nah ini bakal aku review juga di episode selanjutnya.

Kali kedua adalah hasil racun kakmel yaitu Freeman Apple Cider Vinegar. Karena ada nama Apple Cider yang aku tau bagus banget buat kulit yang berjerawat dan berminyak. Karena aku pake juga toner Cuka Apel Bragg yang para beauty blogger udah tau juga manfaatnya. Ternyata aku jatuh cinta juga dengan clay mask satu ini karena katanya Multi-Tasking Mask. Apa sih keunggulannya? Yuk mari. 

FREEMAN

Freeman merupakan brand yang udah terkenal dengan beragam varian masker dan dengan bangga menyebut bahwa mereka adalah mask expert sejak tahun 1976. Belom secara resmi masuk ke Indo, tapi brand ini sudah menjadi hot items disini sampe banyak yang nawarin jastip. Kehebatan masker ini sudah dipaparkan jelas di channel youtube Suhay salim. Ulasannya rata rata yang sudah pakai positif dan jadi kepengen banget koleksi varian lain. Website resmi freeman beauty  juga menyediakan guide lengkap untuk tahu jenis masker mana yang cocok dengan tipe kulit dan concern kita. Jadi nggak bingung mau pilih yang mana karena penjelasannya lumayan membantu.
Freeman ini merupakan brand legenda yang mengusung konsep no-harsh chemical dan cruelty free. Untuk maskernya sendiri dibagi menjadi 5 bagian yaitu Gel Masks, Peel-off Masks, Cream Masks, Clay Masks, dan Mud Masks. Freeman Apple Cider Vinegar ini specialitynya adalah Cleansing dalam kategori clay mask.


ABOUT FREEMAN APPLE CIDER VINEGAR FOAMING 4-1 CLAY MASK + SCRUB

review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

This multi-tasking foaming clay mask cleans, scrubs, tones, and absorbs oil so unruly skin behaves better than ever! Rich clays and pumice clean and exfoliate your pores, while Apple Cider Vinegar tones for a radiant, flawless finish. Perfect for all skin types. Key benefit : Instantly tones, purifies +mattifies for a flawless complexion.

Ini merupakan clay mask dengan 4 fungsi sekaligus dalam satu produk. Yaitu cleanser, scrub, toner, dan masker. Multi-Tasking Mask. Siapa coba yang nggak cinta beragam manfaat disatu produk? yang jelas aku sih yes. Bisa menghemat sekaligus. Oh ya, Clay mask ini mendapat Best Beauty Award 2016 dari Allure. Dan Apple Cider Vinegar dari Freeman ini untuk semua jenis kulit.

PRODUCT INFO

review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

Brand : FREEMAN
Varian : Apple Cider Vinegar Foaming Clay Mask + Scrub
Manfaat : Cleansing 4-1 (scrub, celanser, masker, toner)
Allure Best Beauty Warad 2016
Berat : 175ml
Diproduksi : Beverly Hills, USA. 
PAO : 36 bulan
Harga : Rp 110.000 - Rp 140.000
Bisa dibeli : Shopee, Tokopedia, Lazada, Jasa titip Online Shop, freemanbeauty.com .


PACKAGING

review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani


Kemasannya berbentuk tube panjang segitiga terbalik berwarna kuning pucat. Bagian bawahnya melebar dan tutupnya berbentuk flip top. Tube nya kalo menurut aku agak ringkih. Dengan bentuk tutup nya bikin deg degan karena kurang secure di aku. Ringkih disini aku bilang maksudnya, ketika isi produknya sering dipake, kemasannya pun peyot peyot. Tapi kalo dalam keadaan masih full, ini kokoh. Aku agak takut masukin ke tas karena produk ini termasuk yang makan tempat dan takut meleber kemana mana karena kegencet barang diatasnya. Solusinya, aku pindahin ke jar kecil kalo mau dibawa travelling.

review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

Terdapat klaim produk, berat, cara pemakaian, fungsi produk, bahan produk, tempat diproduksi, dan PAO. Bagian belakang itu terdapat 3 bahasa yaitu bahasa inggris, prancis, dan spanyol. Jadi Freeman ini nggak punya box khusus, jadi langsung si tube panjang saat kita beli karena semua info sudah tertera di kemasannya.

TEXTURE, SCENT, COLOUR

review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

Seperti nama produknya yaitu clay mask + scrub, freeman apple cider vinegar ini teksturnya creamy seperti clay pada umumnya dengan butiran halus. Butirannya kelihatan tapi nggak besar dan tidak kasar. Warnanya gemes yaitu baby-pink (pink pudar). Selain itu yang bikin aku cinta banget adalah wangi permen apel yang segar banget. Kupikir wanginya bakal sama kayak cuka apel kebanyakan, malah sama sekali gak ada tuh bau menyengat. Pake ini serasa dimanjain banget karena wanginya yang bikin kesemsem sendiri.


review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani



INGREDIENTS

 Water/Aqua/Eau, Bentonite, Sodium C14-16 Olefin Sulfonate, Titanium Dioxide, Pumice, Propylene Glycol, Vinegar (Apple Cider), Kaolin, Xanthan Gum, Magnesium Aluminum Silicate, Cocamidopropyl Betaine, Disodium Edta, Citric Acid, Diazolidinyl Urea, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone, Fragrance/Parfum, Hexyl Cinnam-Aldehyde, Yellow 6 (Ci 15985), Red 40 (Ci 16035)



review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

Bahan kunci di masker ini adalah Kaolin, Bentonite, dan Apple Cider Vinegar (Cuka Apel). Kaolin dan bentonite sendiri adalah mineral alam berbentuk tanah liat yang gunanya untuk menangkal radikal bebas, mengencangkan kulit, membersihkan pori pori, dan ampuh menyembuhkan jerawat serta  mengusir komedo. Sementara Cuka Apel adalah bahan yang berfungsi mencerahkan kulit,  anti-aging, penyembuhan bagi jerawat, dan mengontrol sebum.

List bahan lengkapnya juga mengandung Pumice atau yang dikenal dengan nama batu apung. Fungsinya mengangkat sel kulit mati dan juga membuat tone kulit jadi merata. Hebat ya, aku baru tahu juga nih. jadi Pumice disini fungsinya sebagai scrub dalam freeman Apple Cider Vinegar ini. Tapi harap diperhatikan ya, ada kandungan fragrance/parfume didalamnya jadi bagi kulit yang super sensitif sebaiknya dihindari agar tidak terjadi iritasi.


 CARA PEMAKAIAN/ HOW TO USE


review-freeman-apple-cider-vinegar-foaming-clay-mask-natrarahmani

Masker Freeman ini adalah jenis 4-1 clay mask. Bisa sebagai cleanser+scrub dan juga sebagai masker. Untuk tonernya sendiri di aku nyobanya dengan masukkan ke dalam jar kecil maskernya dengan jumlah sedikit dan dituang air bersih. Berikut detail cara pemakaian Apple Cider Vinegar 4-1 Foaming  Clay masker ini ya :

Sebagai Cleanser + Scrub
  • Basahkah kulit wajah terlebih dahulu (jangan dalam keadaan kering), kemudian keluarkan sebagian kecil inti produk ke tangan. 
  • Usapkan ke area wajah dengan gerakan memutar dan perlahan. Kemudian bilas sampai bersih.

Sebagai Masker
  • Dalam keadaan kulit yang kering, ambil sebagian inti produk.
  • Aplikasikan masker ke seluruh wajah dan leher kecuali area mata 
  • Diamkan masker selama 3-5 menit (Jangan sampe lebih dari 10 menit)
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  • Lepaskan pemakaian jika terjadi kemerahan atau iritasi pada kulit.


 WHY I LOVE THIS PRODUCT?

Ini merupakan varian masker kedua saya setelah Dead Sea Mineral yang oh my-god bagusnya ke kulit berasa kayak di perawatan di spa (soon ya untuk varian ini). Khusus Freeman Apple cider vinegar ini , saya nggak nyesal banget belinya (thanks to kakmel)

Karena fungsinya yang 4-1 dalam satu produk dan merupakan masker yang khusus untuk deep cleansing. Saya demen dengan masker yang multi-tasking seperti freeman ini. Sebagai scrub, produk ini ampuh banget buat ngangkat kulit mati. Butirannya pun halus tapi performa ngangkatnya oke. Gak bikin kulit kayak tergesek gesek perih (karena ada beberapa scrub yang bikin cekat cekit). Ini enak ngeratain scrubnya dan nyebar ke muka. Bersihkannya juga mudah dengan dialiri air dan diusap perlahan supaya terangkat semua. 

Sebagai masker, biarpun pemakaiannya tipis tapi cukup signifikan hasilnya. Jadi tipikal masker nya cepat mengering dan bikin kulit mengetat. Tapi bukan ketat yang bikin nggak nyaman. Dan aku selalu ikuti petunjuk pemakaian yaitu pake masker ini hanya 3-5 menit (nggak boleh sampai 10 menit). Awalnya aku gak percaya ini maksudnya ada embel ember foaming (busa) di nama produknya. Ternyata saat bersihkan maskernya pake air hangat, dia berubah menjadi busa seperti pake sabun biasa. Busanya lumayan kelihatan.Minusnya di aku, karena sudah berbusa jadi bersihkannya agak lama sampai meluruh semua busanya.

Hasilnya gimana? Kulit aku bener bener bersih, halus, dan bye bye langsung kulit kusam. Smooth-nya itu nggak boong. Langsung halus kulit muka. Aku selalu pake sekalian semua fungsinya. Dalam artian awalnya aku gunain sebagai scrub terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan menjadi masker.tujuannya  biar langsung kelihatan hasilnya. Wanginya permen apel nya beneran enak dan tidak ada tercium sama sekali aroma cuka apel yang terkenal menyengat itu. 

Aku pakai seminggu 2-3 kali. Kenapa nggak tiap hari? Karena saat pake ini aku sekalian gunain fungsi scrub nya. Yang aku tau scrub memang disarankan hanya seminggu 2-3 kali saja. Makenya juga nggak lebih dari 10 menit. Masker ini pemakaian 5 menit aja udah ngetat dan kering di muka. Setelah aku coba selama 4 kali pemakaian, aku bisa simpulkan ini ampuh banget buat kulit berminyak dan berjerawat. Karena ngangkat minyaknya juara langsung kesedot dan bikin kulit lebih cerah seketika. Tidak menimbulkan bruntusan di aku dan alhamdulillah banget  karena kepengen repurchase lagi varian ini.

Untuk kulit yang sedang berjerawat, menurut aku gunakan sebagai masker aja dulu. Karena kalo digunakan sebagai scrub takutnya malah meradang. Jadi mending tunggu jerawatnya kempes atau kering dahulu. Untuk kulit sensitif, ini ada kandungan parfumenya ya. Jadi harap diperhatikan mana tahu ada yang alergi dengan bahan yang terkandung didalamnya. So far aku merekomendasikan masker ini karena sangat multi-fungsi.


PROS
(+) Wanginya seger banget. Seperti permen apel.
(+) Butiran scrubnya halus dan nyebar saat diaplikasikan ke muka
(+) Cepat mengering sebagai masker
(+) Isinya banyak dan budget-friendly
(+) Pemakaian sedikit juga kelihatan hasilnya. Jadi lebih hemat.
(+) Kulit lebih bersih, cerah, halus. Bye bye whitehead dan minyak di wajah.
(+) Tidak bikin bruntusan dan kemerahan (sesuai petunjuk penggunaan dan hasil pemakaian di muka aku)

CONS
(-) Packagingnya agak ringkih. Jika sudah beberapa kali isi produknya dikeluarkan, dia peyot.
(-) Tidak travel friendly. Harus dipindahkan ke jar kecil jika ingin dibawa travelling.
(-) Busanya lumayan lama bersihinnya sampe beberapa kali pake air hangat.

REPURCHASE : YES!

RATING : 4/5


FREEMAN APPLE CIDER VINEGAR
FOAMING CLAY MASK + SCRUB
www.freemanbeauty.com


18 komentar

  1. Fixxx pengen beli yang ini!!!!

    Tadi saya liat di postingan siapa gitu, udah kepo saja, pas baca reviewnya makin mupeng dah.
    Masuk wishlist yang bakal dicoba nih, butuh masker soalnya :)

    BalasHapus
  2. Melihat teksturnya kayaknya bagus yah mbak.. semoga ada yang travel friendly yah, biar efisien dibawa kemana-mana

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah beli masker seharag 100 ribu lebih. Tapi kalau worth it boljug yaaa..

    BalasHapus
  4. keliatan seger buangettt ya mbakkk. aku blom. pernah nyobain. ntar deh klo ada diskon mau hehehhe

    BalasHapus
  5. akuuuu nunggu diskon ah. pengen nyobain juga

    BalasHapus
  6. Wah, multifungsi banget ya, Mbak. Tapi harganya lumayan mahal dan packagingnya nggak travel friendly. Btw, salam kenal ya, Mbak.

    BalasHapus
  7. Jadi kinclong muka nya. Langsung berasa sensasi nya ya mba setelah pakai ini ? Jadi penasaran mau coba juga 😍

    BalasHapus
  8. Mbak natar ini wajahnya emang tipikal yang flawless dan manis banget ya, hihihi. Belum pernah nyoba yang masker-masker karena kulitku ini sangat-sangat-sangat sensitif. Hiks

    BalasHapus
  9. masker freeman sekarang terkenal banget ya gara-gara suhaylah. dulu kupikir ini produk korea ternyata amerika

    BalasHapus
  10. Freeman emang juara sih kalau buatku, cuma memang aku pun lagi malas maskeran sekarang. Hobinya jajan masker di Guardian dengan motif lucu2 tapi dengan ending ngedeprok di keranjang aja, habis baca ini jadi pengen rajin lagi ah

    BalasHapus
  11. Sebagai pemilik muka berjerawat dan berminyak daku jadi tertarik coba freeman apple cider vinegar setelah baca review ini. Thanks mbak sharingnya

    BalasHapus
  12. Freeman yang ini susah banget didapet, sold out terus, ckck. Aku punya Freeman yang dikletekin kalau udah kering dan gak cocok, bikin kering. Kayaknya harus coba varian apple cider vinegar ini deh.

    BalasHapus
  13. udah masukin wishlist ku nih si freeman, tapi belum sepet beli kak atha....

    BalasHapus
  14. duh lama banget aku ga maskeran di rumah.. sering ga punya kesempatan karna susah dapat waktunya.. kalo udah capek, lebih sering tidur.. pokoknya Masker Freeman ini udah masuk list masker yg mau aku coba :)

    BalasHapus
  15. Wah boleh neh dicoba. Tapi bisa ke kulit sensitif kah mba.

    BalasHapus
  16. Wajah jadi fresh ya, belum pernah coba merk ini. Boleh juga recomendnya

    BalasHapus
  17. Iih ini mah emang dasarnya udah syantik :)) baca post ini jadi ngingetin aku buat rajin maskeran lagi deh, duuh malasnyaa

    BalasHapus
  18. fix bakalan beli ini juga kak, godaan yang berbahan dasar apel selalu juara

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall