Kamis, 26 Juli 2012

Kriteria Design Yang Baik


Pada kesempatan kali ini, saya dan teman saya nita mendapatkan tugas untuk melihat dan membandignkan prinsip yang ada di http://www.worldbestwebsites.com/

dan kami membandingkan dengan prinsip-prinsip dasar yang ada di User Interface Design (UID). adapun beberapa perbedaan dan persamaan yang kami temukan antaralain :

Persamaan Kriteria Peniaian dengan Prinsip Design Interface
1. Dalam hal penyediaan tampilan, user sangat meyukai kesederhanaan dan tidak berbelit. Sehingga user tidak merasa jengah atau bosan saat berhadapan dengan aplikasi yang sedang digunakannya. Selain itu tata letak dalam sebuah website jug aberpengaruh terhdap kemudahan penggunaan. Seperti penggunaan alignment dan layout pada sebuah website.
( Accessbilty dan Simplicity)
2. Sistem yang tersedia harus konsisten dalam merancang aplikasi sebagai contoh : penerapan warna, struktur menu, font, format desain yang seragam, html, dan keyword yang digunakan dalam aplikasi tersebut sehingga user tidak mengalami kesulitan dalam berpindah posisi pekerjaan.( HTML Quality dan Consistency)
3. Aplikasi haruslah terdapat runtutan kerja dan kecepatan system dalam merespon pekerjaan user, hal ini bertujuan apliksi tersebut dapat memabntu user dalam meyelesaikan pekerjaanya. (Speed & Bandwitch dan Responsiveness)
4. Aplikasi harus mempunyai control untuk menanggulangi masalah dengan menyediakan link atau navigasi sehingga tidak mengganggu konsentrasi user dalam menyelesaikan pekerjaannya. ( Navigation dan Control)
5. Aplikasi yang dibangun harus meyediakan tools dan bantuan untuk user sehingga memudahkan user dalam berinteraksi dengan aplikasi tanpa melalui proses yang panjang. (User Friendliness dan Familiarity)
6. Proses informasi dari user ke aplikasi harus dapat dilakukan secara langsung maupun sebaliknya untuk keefektifan pekerjaan. ( information Process dan Direct Manipulation)
7. Pada aplikasi yang diabangun, kata kata yang digunakan atau frasa yang digunakan harus sopan sehingga nuansa user friendly dapat dirasakan oleh user . ( Verbal Expression dan Robutsness)
8. Tersedianya semua detail yang dibuthkan oleh user sehingga user dapat langsung mengetahui cara kerja dari aplikasi yang dihadapinya. ( Attention to detail dan Ease of Learning)
9. Pada aplikasi tersebut harus mempunyai teknologi yang compatible dengan berbagi macam program yang akan digunakan oleh user . ( Technology dan Invesible Technology)
10. Sebisa mungkin aplikasi tersebut tidak membuat user tidak dalam kondisi memilih dan berpikir dan dihadapkan pada proses berpikir dari tugas yang dipindahkan ke aplikasi .
( Disctinctiveness dan Task Compatibility)
11. Informasi yang ada pada aplikasi sesuai dengan apa yang dicari oleh user dan begitu juga sebaliknya. ( Integration dan WYSIWYG)
12. Adanya kejelasan dan potensi pengiriman yang focus terhadap action yang diinginkanm oleh user. User tanpa harus memikirkan bagaimana web tersebut akan terjadi, user hanya perlu focus terhadap apa yang akan dilakukan dengan web tersebut. Prinsip ini disebut dengan prinsip (tranparansi pada prinsip dasar UID).
13. Dalam web tersebut terdapat prinsip integrasi, yang dimana merupakan keseuaian antara unsure-unsur dalam sebuah web, seperti elemen warna, dan audio visual (Aesthetically Pleasing & Responsiveness )

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Natrarahmani
Maira Gall