Selasa, 25 Februari 2020

EDUTECH ANAK CERDAS: BELAJAR LITERASI KEUANGAN SEKALIGUS QUALITY TIME BERSAMA ORANG TUA

Saat menjadi orang tua, tentu kebahagian tersendiri. Apalagi jika anak tumbuh sehat dan cakap berbicara. Persiapan demi persiapan pun kita lakukan demi si Buah hati. Tak hanya soal sandang, pangan, dan kasih sayang saja. Tapi harus dibarengin juga dengan nilai yang baik semasa kecil agar tumbuh karakter yang mengakar buat masa depannya. 

Salah satunya adalah belajar tentang Konsep Uang. Selama ini anak terutama anak SD hanya tahu bahwa uang saku diberikan oleh orang tuanya untuk dipergunakan di sekolah. Tapi anak-anak perlu nggak sih ditanamkan sejak dini bagaimana uang itu didapat dan bagaimana cara yang baik untuk mengelola uang saku nya? Ada nggak sih belajar literasi keuangan yang fun untuk anak seusia mereka? Ada donk pastinya. Di Anak Cerdas jawabannya. 

FUNANCIAL DAY BERSAMA HSBC INDONESIA DAN PRESTASI JUNIOR INDONESIA

Pada hari Minggu, 23 Feb 2020 aku menghadiri event Funancial Day bersama teman teman blogger lainnya. Event ini diadakan di Plaza Medan Fair Lobby Wings Lantai 1. Acara ini memfasilitasi edukasi literasi keuangan untuk anak dengan mensosialisasikan Edutech "Anak Cerdas".

Acara ini tidak hanya dari anak-anak SD yang hadir tapi pengunjung dapat turut berinteraksi dalam event Anak Cerdas Edutech dari Prestasi Junior Indonesia dan Bank HSBC Indonesia. PJI adalah anggota non-profit terbesar di dunia, JA Worldwide, yang membekali generasi muda mengenai pekerjaan dan kewirausahaan. 

Bank HSBC Indonesia dan PJI menyelenggarakan kegiatan Funancial Day. Tujuannya adalah memberikan peluang kepada seluruh  masyarakat I donesia agar memiliki opsi media pembelajaran pengelolaan keuangan untuk anak. 

Acara dibuka setelah Ba'da Zuhur dan dibawakan oleh MC Kondang Kak Jonathan. Beliau dengan cakapnya aktif mengajak para peserta untuk turut andil meramaikan suasana. Total peserta adalah 15 anak bersama orang tua dari tiga sekolah yaitu SD Percobaan, SD 067690, dan SD Harapan 1. Level kelasnya mulai dari 3,4, dan 5. 

Tak lupa kata sambutan dari Mbak Utami Anita Herawaty, selaku Manager Program Anak Cerdas yang merupakan organisasi worldwide. Beliau menjelaskan tentang program Anak Cerdas Edutech.

TENTANG EDUTECH ANAK CERDAS 

Edutech Anak Cerdas merupakan program pembelajaran literasi keuangan berbasis teknologi hasil kolaborasi bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI). Kehadiran program pembelajaran berbasis teknologi ini diharapkan dapat memfasilitasi orang tua dalam mengenalkan konsep dasar keuangan kepada anak dan membangun budaya pengelolaan uang yang bijak sejak dini di rumah. 

Inovasi pendidikan yang dirancang untuk anak-anak usia sekolah dasar ini dapat diakses secara daring di www.anakcerdas.prestasijunior.org melalui komputer dan laptop. Hanya dengan proses registrasi menggunakan alamat email, orang tua dapat memanfaatkan 15 sesi pembelajaran pengelolaan uang yang terbagi dalam tiga segmen, yaitu JA Ourselves, JA our Community, dan JA Our City

Mengapa tidak menggunakan handphone? Mbak utami juga menjelaskan alasan logik dibalik itu. Karena layar handphone terbatas dan biasanya anak-anak yang mengakses handphone malah lebih terjerumus dengan games sehingga niat belajarpun buyar. Dengan laya handphone yang kecil, tidak ada nya bonding yang kuat antara anak dan orang tua saat belajar bersama. 

Tibalah saatnya para peserta mencoba langsung situs Anak Cerdas Edutech. Mereka bersemangat untuk dapat mengikuti step by step dengan waktu yang telah ditentukan yang tentunya bikin kegiatan belajar keuangan menjadi fun. Dengan pendekatan teknologi digital yang interaktif, aman, dan menyenangkan membuat pembelajaran pengelolaan uang yang komprehensif menjadi efektif dan mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, materi pelajaran dan penyajiannya memberika  ruang diskusi bagi orang tua dan anak guna mengoptimalkan pemahaman anak terkait keuangan. 

KESUKSESAN PROGRAM EDUTECH ANAK CERDAS

"Pemberian uang saku oleh orang tua kerap kali tidak disertai dengan tuntutan dan dorongan kepada anak untuk mengelola uang yang dimiliki. Selain faktor kebiasaan, terbatasnya media edukasi anak mengenai keterampilan ini juga menjadi penyebabnya. Edutech Anak Cerdas yang dapat dinikmati dengan mudah kini dapat menjadi opsi bagi orang tua untuk mulai menanamkan nilai-nilai finansial kepada anak." - Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner.

Sebelum dikembangkan dalam versi daring pada akhir tahun 2018 lalu, Bank HSBC Indonesia dan PJI telah menginisiasi program Anak Cerdas digital versi luring di 67 sekolah dasar di 15 kota di Indonesia dengan proses pembelajaran menggunakan tablet. Sejak tahun 2015 hingga 2018, program Anak Cerdas dengan konten dan desain yang mempu menggugah semangat berdiskusi di kelas ini berhasil meningkatkan pemahaman keuangan 15.000 anak dari kisaran 40 persen hingga 50 persen menjadi sekitar 80 persen. Otoritas jasa keuangan juga baru merilis Survei Nasional Literasi Keuangan awal bulan ini yang menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia dari angka 29,7% pada tahun 2016 menjadi 38,03% tahun 2019. 

AKTIVITAS DALAM FUNANCIAL DAY EDUTECH ANAK CERDAS 

Sejumlah aktivitas di dalam Funancial Day, antara lain : 
Pengenalan Program : pengenalan dan pelatihan tentang penggunaan platform Anak Cerdas akan diberikan di awal kegiatan. Perangkat pembelajaran, seperti Laptop dan koneksi internet akan disediakan agar peserta dapat mengakses pelajaran yang tersedia dalam platform Anak Cerdas. 

Pembelajaran Program : setiap pengunjung (orang tua dan anak) diberikan waktu untuk mengenali dan mempelajari 3 segmen program. Bantuan dari fasilitator akan tersedia selama proses pembelajaran. 
Dalam tiga segmen  tersebut  anak anak belajar : 
Membuat pilihan pribadi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan.
Mengenal fungsi dan pergerakan uang dalam masyarakat.
Menyadari pentingnya menabung serta berbagi kepada komunitas sekitar 
Memahami bahwa seseorang harus bekerja atau berbisnis untuk memperoleh uang sehingga pengelolaan yang bijak perlu dilakukan.
Mengidentifikasikan beragam pekerjaan dan bisnis yang terdapat di dalam komunitas serta keterampilan yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan.
Memahami peran pajak dan institusi keuangan untuk menggerakkan ekonomi dalam kota. 
Tak terasa event yang diadakan hampir dua jam telah sampai di sesi terakhir yaitu fun games dengan pertanyaan edukasi yang diakses langsung di handphone. Eittss.. peserta nya hanya anak-anak SD yang hadir. Siapa yang paling banyak menjawab dengan benar akan mendapatka  voucher belanja 300 ribu. Waaahhh menang banyak nih. Setelah adu games yang menarik, terpilihlah Ainy sebagai juara dari games ini. Yeay. 

"Dengan akses tanpa batas, kami ingin manfaat edutech Anak Cerdas dapat nenjangkau lebih banyak anak-anak Indonesia. Hal ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi aktif Bank HSBC Indonesia untuk turut meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Kami meyakini literasi keuangan adalah salah satu keterampilan masa depan yang perlu dipupuk sejak dini agar anak-anak dapat menjadi generasi cerdas finansial yang mampu membuat keputusan keuangan dengan tepat saat dewasa nanti." - Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia.

Tak lupa kami pun berfoto bersama dengan Mbak Utami yang telah menberikan penyuluhan penting di Funancial Day Plaza Medan Fair.
 

CARA MENGAKSES SITUS EDUTECH ANAK CERDAS 

 1. Persiapkan  perangkat komputer atau laptop yang terhubung jaringan internet. Buka browser yang tersedia (seperti chrome atau firefox) dan akses situs anak cerdas online. 

2. Setiap pengguna baru harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat mengakses pelajaran. Klik menu registrasi pada bagian kanan atas. 

3. Lengkapi data yang diperlukan pada halaman Registrasi. Setelah terisi seluruhnya, klik Daftar

4. Situs Anak Cerdas Online akan mengirimkan pesan konfirmasi ke alamat email yang didaftarkan. Buka email dan pesan tersebut kemudian klik Konfirmasi. Jendela baru dengan login Anak Cerdas akan otomatis terbuka yang menandakan akunmu sudah aktif. 

5. Masukkan username dan password, kemudian klik Login

6. Kamu sudah siap belajar? Ayo klik menu Pelajaran dan kemudian pilih segmen pelajaran untuk memulai. 

7. Jika sudah berhasil menyelesaikan seluruh sesi dalam pelajaran, situs Anak Cerdas akan mengirimkan sertifikat ke alamat email terdaftar sebagai bentuk ketuntasan program.

Ayo Mom, belajar bersama Anak cerdas yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja! 



1 komentar

  1. Event funancial day bersama PJI di Medan ini rekomended banget, bersama anak cerdas online
    anak-anak diharapkan mampu belajar tentang cara membelanjakan uang dengan baik dan benar juga cara menabung :)

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall