Senin, 22 Juli 2019

MALAYSIA HEALTHCARE HADIR LEBIH DEKAT DENGAN MASYARAKAT MEDAN


malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

"Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" 

Pepatah ini banyak mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga kesehatan. Tidak pandang usia, baik yang muda maupun yang tua. Tak ayal, gaya hidup juga memegang peranan kunci untuk kesehatan kita dimasa mendatang. Tentu kalau aku dalam memilih layanan kesehatan pengennya  yang anti-ribet, anti-stress,dan pelayanann yang cepat serta responsive.  Apakah permintaan ini begitu muluk-muluk? Tentu tidak.  

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani


Pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 berlokasi di Ballroom Santika Dyandra Hotel Medan, aku berkesempatan dengan teman teman blogger Medan mendengarkan langsung seminar Kesehatan dari negri Jiran Malaysia. Siapa yang tidak kenal Malaysia yang masih satu rumpun dengan negeri kita tercinta ini.  Bukan hanya untuk berlibur saja, Malaysia juga menjadi Negara yang didatangi wisatawan kesehatan. Sebut saja salah satunya di  Penang dengan fertility centre nya.

Acara ini mengenai Seminar kesehatan dari Malaysia Healthcare untuk bertemu sapa dengan teman blogger dengan membawa narasumber ahli .Sesi-sesi yang disajikan pun membuka wawasan kita tentang Wisata Medis di Malaysia.  Sebelum melangkah lebih jauh, sudah pernah dengar belom tentang Malaysia Healthcare? Mari aku jelaskan secara terperinci.

APA ITU MALAYSIA HEALTHCARE?

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Sebelumnya aku baru kali ini mendengar tentang Malaysia Healthcare. Menurut penuturan Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer, Malaysia Healthcare Travel Council menyampaikan “Malaysia menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia bagi para wisatawan medis. Malaysia juga memiliki 200 rumah sakit swasta, dimana 73 diantaranya terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare serta dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan kualitas terpercaya, teknologi kesehatan terdepan, dan fasilitas mutakhir untuk melayani pasien dari seluruh dunia”

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia. MHTC didirikan pada tahun 2009 yang berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri pariwisata kesehatan Malaysia di bawah brand “Malaysia Healthcare” untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama pariwisata kesehatan di dunia.  Sejak itu, MHTC telah menyatukan para pemain industri dan penyedia layanan ke dalam sebuah strategi pengembangan yang berfokus untuk meningkatkan profil pariwisata kesehatan Malaysia di kancah dunia. Ini merupakan contoh model Kemitraan antara public-swasta (public-private partnership-PPP) yang telah berhasil mengembangkan sector pariwisata kesehatan di Malaysia. 

MALAYSIA HEALTHCARE LEBIH DEKAT DENGAN MASYARAKAT MEDAN

Cuaca saat itu sedang bersahabat, Acara dibuka oleh MC Medan dengan memperkenalkan narasumber  ahli yang akan menjelaskan secara rinci mengenai Malaysia Healthcare serta penerapan gaya hidup sehat. Sesi pertama dibuka oleh Nik Yazmin Nik Azman sebagai perwakilan langsung dari Malaysia Healthcare  yang memaparkan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar utama dari Malaysia Healthcare, dimana setiap tahunnya pasien yang berasal dari kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan mencari perawatan kesehatan sebagai upaya untuk melengkapi kesehatan di Malaysia yang paling banyak dikunjungi oleh pasien Indonesia adalah Melaka, Penang, Sarawak, Selangor, dan Kuala Lumpur


malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Sesi selanjutnya dibawakan langsung oleh Dokter Silvita dengan memaparkan secara lengkap poin poin dalam  menjaga gaya hidup sehat dengan rincian sebagai berikut :

  • Healthy Balanced Diet/ Diet Seimbang yang Sehat
  • Maintain a healthy weight/ Mempertahankan  berat badan yang sehat
  • Regular Exercise/Rajin berolahraga
  • Do not smoke/Tidak merokok
  • Drink Alcohol in Moderation/minum alcohol dalam jumlah sedang
  • Adequate sleep/cukup istirahat
  • Regular Health Screening/Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.


malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Tentu poin diatas membuat para peserta antusias menyimak penjelasan Dokter Silvita secara lengkap melalui presentasi power point. Tak ayal aku pun merasa tertampar karena sungguh  penting menjaga gaya hidup sehat dan secara tepat. Tentu tidak ada yang mau sakit bukan? Maka dari itu poin-poin yang disebutkan di atas adalah langkah perawatan pencegahan.

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Perawatan pencegahan adalah langkah yang paling penting untuk menjaga kesehatan. Banyak faktor risiko yang menyebabkan kematian dan penyakit untuk dapat dicegah secara dini. Pemeriksaan kesehatan preventif akan sangat efektif dalam memberikan wawasan tentang risiko penyakit dini sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk mencegah penyakit kronis. Sebagai tambahan, pemeriksaan kesehatan amat sangat penting dalam menjaga kesehatan dan hanya dapat dilakukan melalui medical check up menyeluruh. Pemeriksaan akan membantu mengevaluasi kesehatan kita dan mereka dapat mendiagnosa permasalahan yang berpotensi untuk timbul.

Malaysia Healthcare juga menawarkan paket medical check up yang bisa dipilih dari Ara Damansara Medical Centre, Subang Jaya Medical Centre, ParkCity Medical Centre yang termasuk dalam Ramsay Sime Darby. Kami dibagikan brosure dari ketiga rumah sakit tersebut perihal medical check up yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.  Harganya pun terjangkau karena rumah sakit Ramsay Sime Darby sedang berlangsung potongan harga saat pameran Air Asia berlangsung di Centre Point dari tanggal 19-21 Juli dengan diskon 30%. .  Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi website www.ramsaysimedarby.com

Sebelum menutup sesi, Dokter Silvita memberikan tips sebelum memilih paket medical check up, diantaranya : 

Pertama, Disesuaikan dengan umur wisatawan kesehatan. Medical check up yang diambil wanita umur 20 tahun tentu berbeda dengan wanita umur 40 tahun. Contohnya : Wanita umur 40 tahun sudah sangat disarankan untuk health screening yang didalamnya tes mammogram dan tes kesehatan jantung. Karena umur ini peningkatan resiko terkena penyakit itu sangat besar.

Kedua, riwayat penyakit keturunan. Jika kita termasuk dalam keluarga yang punya riwayat penyakit turunan seperti contohnya diabetes, maka wajib memasukkan tes ini dalam perencanaan medical check up kita. Kenali lebih dalam tentang riwayat kesehatan keluarga, agar dilakukan pencegahan dini dan bisamemilih paket health screening yang sesuai dengan profil kebutuhan kita.

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Medan menjadi kunci untuk Malaysia Healthcare mempromosikan tentang wisata medis yang menjadi tujuan seminar kali ini.  Jarak geografis yang sangat dekat antara Medan dengan Malaysia dan pilihan rute penerbangan langsung dari Medan ke Kuala Lumpur dan Pulau Penang serta kesamaan dalam hal budaya yang dimiliki menjadi alasan masyarakat Medan melalukan perawatan dan konsultasi kesehatan di Malaysia. 

Sementara itu, salah satu tujuan pasien asal Indonesia untuk berobat di Malaysia  adalah perawatan fasilitas (kesuburan reproduksi) dengan program In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung yang merupakan salah satu layanan kesehatan unggulan di Malaysia. Dukungan dari lima pusat fertilitas Malaysia Healthcare yang telah disertifikasi oleh Badan Akreditasi Teknologi Reporoduksi dari Australia yang semakin meyakinkan  Langkah Malaysia untuk menjadi Pusat Kesuburan Reproduksi di Asia. 

Yazmin menjelaskan “Kami sangat senang dapat hadir di Indonesia, semakin dekat menghadirkan beragam layanan kesehatan end-to-end yang bebas hambatan (seamless) khususnya bagi masyarakat Medan. Malaysia Healthcare juga memberikan Quality Care for Your Peace of Mind melalui upaya peningkatan kualitas layanan yang terus dilakukan di setiap pengalaman layanan kesehatan bagi para pasien asal Medan”



PERAWATAN END-TO-END BEBAS HAMBATAN

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Nurul Hasyikin Adanan,selaku Asssitent Manager International MarketingMalaysia menjelaskan bahwa Ramsay Sime Darby ini memiliki joint venture yang beroperasi di Asia yang asalnya dari Australia. Joint Venture ini dengan Malaysia Internasional Konglomerat Sime Darby Bernad. 

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Ramsay Sime Darby Healthcare terdapat tiga rumah sakit di Malaysia: Subang JayaMedical Centre, Ara Damansara Medical Centre,ParkCity Medical Centre. Dan terdapat pula tiga rumah sakit di Indonesia: RS Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara, dan RS Premier Surabaya.

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Malaysia Healthcare menawarkan perawatan End-to-End dengan menawarkan fasilitas bebas hambatan yang tentu menjadi perjalanan medis yang menyenangkan tanpa harus memikirkan printilan dari mulai keberangkatan sampai kepulangan dengan alur awal  sebagai berikut :

  1. Calon wisatawan kesehatan  menghubungi langsung call centre Malaysia Healthcare dengan pilihan +603 2726 8688(luar Malaysia) atau 1 800 188 688 (dalam Malaysia), callcentre.IDN@mhtc.org.my dan melalui whatsapp 0812  8971 0029 (untuk Indonesia). Pusat Panggilan MHTC (Call Centre) beroperasi dari Senin-Jumat mulai pukul 09.00 sampai 18.00 (GMT+8).
  2. Sebuah tim yang berpengalaman akan membantu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan kesehatan, mulai dari rumah sakit dan pusat perawatan, jenis perawatan yang tersedia, akomodasi, serta kebutuhan pariwisata kesehatan lainnya. 
  3. Kemudian Malaysia Healthcare akan memberikan rekomendasi rumah sakit yang cocok dengan profil pasien secara lengkap. Terdapat 73 rumah sakit dibawah naungan Malaysia Healthcare Travel Council. Setelah itu dapat diatur  akomodasi wisata medis oleh Malaysia Healthcare.

Setelah mendapat kesepakatan tentang pemilihan rumah sakit dan jenis perawatan kesehatan, Malaysia Healthcare memberikan end-to-end service seperti yang tertera di ilustrasi di bawah ini :

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani
;


MHTC Concierge and Lounge (MCL), yang juga teintegrasi dengan Pusat Panggilan MHTC adalah suatu pusat terpadu yang menyediakan akses bagi para wisatawan kesehatan untuk mencari informasi lengkap mengenai pengalaman menginap yang nyaman dan bermanfaat di Malaysai bagi para wisatawan kesehatan. Berlokasi di Balai Kedatangan Bandara Internasional  Kuala Lumpur (Gerbang 8), dan bandara Internasional penang, MCL memiliki tujuan utama untuk :
  • Menyebarkan informasi mengenai mengenai layanan kesehatan
  • Memfasilitasi informasi tentang transportasi,akomodasi, dan perjalanan di Malaysia.
malaysia-healthcare-medan-natrarahmani


APA YANG BOLEH DAN TIDAK BOLEH DILAKUKAN DALAM PERJALANAN KESEHATAN

Untuk melakukan perjalanan medis yang menyenangkan, berkualitas, dan bebas stress dengan hasil yang memuaskan, menurut Malaysia healthcare perhatikan saran-saran berikut :

  1. Pergi ketempat dimana Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkan perawatan kesehatan yang terbaik
  2. Lakukan perencanaan di awal, terutama jika Anda melakukan perjalanan pada saat musim liburan
  3. Jangan mengandalkan internet semata
  4. Bertanya pada dokter ahli bedah atau dokter spesialis
  5. Jangan ragu mengeluarkan uang lebih untuk melakukan panggilan telepon
  6. Jangan menghemat biaya dengan memilih “tawaran yang terendah”
  7. Dapatkan segala sesuatunya dalam bentuk tertulis (sebanyak mungkin)
  8. Jangan merasa “terjebak” hanya pada dokter yang pertama Andapilih pada saat Anda masih berada di rumah.
  9. Dan yang paling penting, gunakan perencana perjalanan medis terlatih dari perusahaan wisata medis yang bereputasi.

KEUNGGULAN MEMILIH LAYANAN KESEHATAN MALAYSIA (MALAYSIA HEALTHCARE)

Pada tahun 2018, Malaysia Healthcare telah melayani lebih 1,2 juta wisatawan medis, sebuah peningkatan sebesar 14% dibandingkan tahun 2017. Sementara itu, di tahun yang sama jumlah pasien meningkat 11% dibandingkan tahun sebelumnya. Sebuah angka yang cukup melonjak maka dari itu MHTC berupaya memberikan pelayanan ekstra agar wisata medis menjadi terjamin dan tanpa hambatan.  

Malaysia telah diakui secara internasional sebagai "Best Country in theWorld for Healthcare" dari tahun 2015 hingga tahun 2017 dan juga tahun 2019 oleh majalah Internasional Living yang berasal dari AS dan menerima penghargaan "Destination of The Year"  untuk wisata medis dari tahun 2015 hingga tahun 2017 serta penilaian istimewa pada tahun 2018 oleh International Medical Travel Journal yang berasal dari inggris.Dan beragam pengakuan dan perhargaan lain sebagai pembuktian kinerja Malaysia Healthcare.

 Berikut keunggulan Malaysia Healthcare :

  • Kualitas Berkelas Dunia
Keselamatan pasien dijaga melalui pemantauan ketat dari Kementrian Kesehatan
Institusi yang diakreditasi dan diakui secara internasional
Praktisi medis yang sangat terlatih dan berpengalaman
Teknologi yang canggih dan fasilitas modern
  • Kemudahan Akses
Waktu tunggu yang singkat
Tersedia berbagai macam perawatan
Akses langsung ke dokter spesialis
  • Keterjangkaun yang kompetitif
Penetapan harga biaya perawtan tertinggi ditentukan oleh Kementrian Kesehatan
Relatif terjangkau dibandingkan dengan pesaing regional
  • Kemudahan Komunikasi
Bahasa yang banyak digunakan – Bahasa Inggris, Hindi, Mandarin, Melayu dan masih banyak lagi
Tersedia penerjemah dan guru bahasa
  • Hub Halal Global
Alternatif media halal
Kemudahan akses fasilitas  seperti ruang ibadah
Banyak tersedia mkanan dan restoran halal
Perjalanan Awal hingga Akhir yang tanpa batas
Mendukung wisatawan kesehatan dari titik awal yaitu pengajuan pertanyaan dari Negara asal, sampai kedatangan, dan pasca-perawatan setelah kembali ke rumah
Layanan “Sambut dan Sapa”  (Meet-and-Greet) di Bandara Internasional Kuala Lumpur dan Penang
Menunggu Penjemputan oleh hotel/Rumah Sakit di Malaysia Healthcare Concierge & Lounge.
malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

Sesi terakhir tentulah ada Q&A dengan para narasumber. Antusias para peserta cukup membuktikan banyaknya pertanyaan yang diajukan baik tentang Malaysia Healtcare sendiri maupun penerapan gaya hidup sehat secara personal. Tak lupa pula setelah sesi berbincang-bincang berakhir, tak afdol rasanya jika tidak mengabadikan momen kebersamaan narasumber dan Blogger Medan. Setelah itu, kehangatan cukup terasa saat coffee break dan mingle satu sama lain. Terimakasih Malaysia Healthcare sudah menyambangi kota Medan.Tentu materi nya menjadi reminder untuk lebih memperhatikan kesehatan dan menerapkan langkah preventif agar hidup damai.

Sudahkah kamu medical check up atau mengajak kerabat terdekat untuk layanan kesehatan, Sahabat? Malaysia Healthcare bisa menjadi acuan untuk berkonsultasi lebih lanjut. Paracalon wisatawan kesehatan dapat memperoleh beragam informasi mengenailayanan kesehatan di Malaysia,seperti perawatan medis, akomodasi dan perjalanan,di situswww.medicaltourismmalaysia.com atau www.mhtc.org.my

malaysia-healthcare-medan-natrarahmani

MALAYSIA HEALTHCARE TRAVEL COUNCIL
Facebook : medtourismmy.id
Instagram : @medtourismmy.id

11 komentar

  1. Malaysia bukan hanya destinasi wisata yang pure utk hiburan semata ya saat ini. Tapi juga untuk kesehatan. Apalagi jarak yang cukup dekat (khususnya dari medan) membuat dananya untuk kesana juga terjangkau.

    BalasHapus
  2. Aku baru tau informasi ini kak,bener bener membantu banget ya,banyak keuntungan juga sih,biar gak buta banget kalau mau kesana

    BalasHapus
  3. Kumplit infonya Mak Ata, dengan pelayanan seperti ini penanganan pasien jadi super cepat ya 👍

    BalasHapus
  4. Jelas dan padat banget penjelasannya kak jadi pengen main kemalaysia nih sambil check kesehatan.

    BalasHapus
  5. Informasi ini penting banget ya Mak, apalagi makin banyak aja wisatawan medis yang ke Malaysia 👍

    BalasHapus
  6. Narasumbernya memberikan informasi yang manfaat sehingga semakin banyak masyarakat yang tahu bahwa ada kemudahan perawatan di luar negeri yang harganya masih bisa dijangkau yah,sis. Aku tuh lihat rumah sakitnya aja uda merasa wah ini bagus perawatannya nih dan nyaman pasien dan keluarganya.

    BalasHapus
  7. Sebelum ikutan acara ini suka wondering kenapa orang2 memilih Malaysia buat berobat, ternyata selain memang kualitas bagus, harga disana diatur pemerintah ya buk.

    BalasHapus
  8. Aku terpesona sama fasilitasnya, Ibuk. Semoga ada yg ngajakin aku utk berobat di sana hehehe..

    BalasHapus
  9. Tulisan yang bener2 super lengkap dan detail. Kalau kayak gini serasa benar-benar dibimbing jadi udah tau gambarannya sebelum berobat.

    BalasHapus
  10. Makin mudah sekarang ini kalau mau berobat keluarga negeri, udah ada referensinya, jadi gk bingung cari info kemana-mana lagi.

    BalasHapus
  11. lengkap bgt penjelasannya kak.. jadi ga bingung lagi kalo mau berobat kesana

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall