Sabtu, 27 April 2019

Moment #AyoHijrah Berani Lebih Baik bersama Bank Muamalat Indonesia


"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka" - TQS Ar.Rad [13]:11

Surah Al Quran di atas menjadi cambuk buat aku pribadi untuk merubah diri. Mengganti keluhan menjadi bara api semangat . Mengganti lelah menjadi lillah. Mengganti tulisan menjadi langkah untuk memberikan manfaat kepada orang banyak dan diriku sendiri. Dan menjalani hari dengan terus berupaya memperbaiki diri. Susah nggak? Ya jelas susah. Apalagi tipikal orang seperti aku yang susah sekali buat fokus dan konsisten. Dan terkadang banyak mengeluh ini dan itu. Huh.

Semuanya berawal tahun 2017 akhir saat aku baru melahirkan anak kedua. Tepatnya bulan November 2017. Sempat termangu saat habis menidurkan anak dan bertanya "Apakah langkahku harus terhenti? Bagaimana caranya supaya tetap berkarya?" Pertanyaan itu begitu menganggu, karena jujur aku merupakan perempuan yang senang bergerak dan sama sekali tidak terpikir menjadi stay-at-home mom. Bahkan dulu sebelum menikah, aku sempat berdiskusi dengan pacar (sekarang suami) dan ngasih pernyataan begini "Jangan diharapin aku diem dirumah ya hon karena aku mau kerja kantoran terus". Haha. Diingat ingat kadang lucu juga bahwa jalan hidup memang tidak terbayangkan.

Saat itu aku memang niat menceritakan kisah melahirkan anak kedua  melalui blog yang sudah lama tak tersentuh. Padahal blog ini sudah dibangun dari tahun 2009. Niat memulai bercerita karena minimnya informasi di kota tempatku menetap. Apalagi perihal rumah sakit dan pelayanan yang diberikan. Setelah menulis cukup panjang dan membaca ulang, aku merasa lega yang teramat sangat. Dari situ menjadi turning point aku untuk terus ngeblog.  Bahwa aku bisa produktif di rumah. Aku punya tujuan baru untuk menjalani hari hari yang berjauhan dengan suami dan menulis adalah langkah aku untuk melanjutkan hobi yang sudah lama terpendam dan juga therapeutic.

Aktif menulis blog adalah salah satu momen #AyoHijrah aku. Dan ternyata aku bisa menjalani selama hampir dua tahun hingga sekarang.  Berbagai topik aku angkat baik beauty, lifestyle, maupun personal journey. Konsisten untuk selalu ada postingan minimal seminggu sekali. Niat belajar tata bahasa atau menemukan gaya bercerita agar pembaca betah berlama lama nangkring di blog aku. Sejatinya itu adalah belajar tanpa henti.  Dari mulai blog walking, diskusi sama sesama blogger, dan mencoba langsung. Tak pelak kadang selalu ada trial dan error. Bahkan writer block pun sering kualami. Tapi perjalanan menulis hingga sekarang membuka banyak jendela kesempatan. Bahwa rezeki bisa datang dari pintu mana saja.

Salah satu yang paling menyentuh selama aku memulai ngeblog lagi adalah ada beberapa orang email atau message bahwa merasa tersentuh akan cerita maupun ingin diskusi lebih lanjut. Seringnya topik personal journey/lifestyle .Tentu hal ini membuat perasaan hangat karena ternyata tulisan aku dihargai dan dibaca.


Langkah berubah lebih baik tentu termasuk dalam financial planning. Sudah lama memimpikan  ingin menginjak ke tanah suci suatu hari nanti. Kepengennya saat tubuh masih kuat dan anak anak masih sekolah/kuliah. Di pertengahan tahun 2018, berbekal dari chatting panjang dengan sahabat aku yang telah menggunakan bank syariah, mulailah tergerak untuk membuka Tabungan Haji di Bank Muamalat Indonesia . Setelah berdiskusi cukup panjang dengan suami mengenai impian kami, tepatnya bulan May 2018, kami melangkahkan kaki ke cabang terdekat di Jalan Sudirman Medan.

Saat memasuki pintu depan, kami disambut dengan senyum dan langsung menanyakan keperluan kami. Tidak perlu menunggu lama, kami pun langsung disambut oleh bagian staff customer service dan menanyakan tentang Tabungan iB Hijrah Haji dan Umroh. Penjelasannya runut dan informatif mengenai manfaat yang akan kami terima. Kami pun memulai langkah awal dengan membuka Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah sesuai dengan budget yang kami miliki. Dengan berkonsep akad, maka resmilah kami memulai tabungan ini.

Setoran awalnya hanya Rp 50.000 dan syarat membuka tabungan hanya KTP dan NPWP. Tidak dikenakan biaya admin saat kita transfer dana ke Tabungan Haji.  Kami atur budget perbulannya sistem transfer.  Tidak banyak,  tapi kami merasa puas bahwa satu niat sudah menuju selangkah lebih nyata.

Tabungan Haji ini nominalnya disesuaikan dengan kemampuan nasabah yang bersangkutan. Cara pengisian dana ke rekening bisa melalui autodebet, transfer, atau setor ke cabang Bank Muamalat langsung. Dan kita pun bisa mencetak buku tabungan untuk mengetahui sejauh mana tabungan yang kita bangun.  Sebagai tambahan, Tabungan ib Hijrah Haji dan Umroh ini tidak pakai atm ya. Jadi lebih aman dan pasti. Pas sekali dengan kebutuhan aku.

MENGAPA MEMILIH BANK MUAMALAT INDONESIA?
  • Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
  • Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
  • Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
  • Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.
  • Salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), yang terdaftar di SISKOHAT Kementerian Agama Republik Indonesia.
  • Praktis tidak perlu membawa uang tunai berlebihan. Saat berangkat ke tanah suci, nasabah akan mendapatkan pilihan kartu Shar-E Debit Muamalat. Kartu tersebut bisa digunakan untuk transaksi ATM dan pembayaran belanja di seluruh dunia melalui jaringan ATM Bank Muamalat, ATM Plus/Visa, ATM Bersama, ATM Prima, MEPS dan merchant Visa
  • Suvenir eksklusif berupa perlengkapan haji.
  • Nasabah berkesempatan mendapat hadiah umrah bebas biaya (program Rezeki Haji Berkah) selagi menunggu keberangkatan haji selama periode program berlangsung.

APA ITU #AYOHIJRAH ?
Sesuai dengan arti dari Hijrah yang bermakna untuk “lebih baik” maka #AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

Bank Muamalat Indonesia sebagai bank pertama murni syariah di Indonesia mencoba memperluas fungsi, dari yang sebatas penyedia layanan perbankan syariah, menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus-menerus meningkatkan diri ke arah ajaran Islam yang baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah). Jadi tidak hanya berhijrah secara ibadah, tapi juga dalam hal mengelola keuangan. Dengan #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah - Bank Muamalat Indonesia

Sudah hampir setahun menjadi nasabah di Bank Muamalat Indonesia dan sejauh ini aku cukup puas dengan pelayanan dari perbankan syariah yang sudah lama berdiri ini. Semoga bisa terus konsisten. Jadi apa momen #AyoHijrah mu?


BANK MUAMALAT INDONESIA
www.bankmuamalat.co.id
Facebook :BankMuamalatIndonesia
Instagram : @Bank.Muamalat


23 komentar

  1. Menginspirasi pengalamannya Mbak. Semoga apa yang sudah dilakukan menjadi sebuah ibadah yang pahalanya terus mengalir ya

    Amin ...
    Sukses bersama lombanya :)

    BalasHapus
  2. Aku belom pernah nabung di bank muamalat.. Dari dulu masih rencana terus mau buka tabungan haji..

    BalasHapus
  3. Mbak itu setoran awalnya serius cuma Rp 50.000? jadi tertarik bikin tabungan untuk umrah juga deh, setoran awalnya terjangkau banget.

    BalasHapus
  4. wah muamalat ini bank syariah pertama yang aku punya rekeningnga. Kayaknya skrg udh mati, mau lagi nabung haji atau umroh di muamalat

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya setoran awalnya tidak sebesar buka tabungan biasa di bank konvensional. Semoga lancar ya mba.. dan tidak perlu menunggu lama untuk berangkat ke Tanah Suci :)

    BalasHapus
  6. Bank Muamalat ini pioner dari bank-bank syariah yaa...
    Hati lebih tenang bila bersama bank syariah

    BalasHapus
  7. Aku pingin banget ikutan setor di bank Muamalat deh, udh dijamin kepercayaannya.

    BalasHapus
  8. MasyaAllah Mbak, udah buka tabungan haji ya. Menunggu berapa lama ini Mbak? Saya blm aja buka, padahal klo sebut Tanah Suci, haji, umroh, pengen banget deh langsung kesana juga :)

    BalasHapus
  9. Mba. alhamdulillah semoga niah hijrahnya semakin dimudahkan oleh Allah ya mba. aku pun berusaha untuk hijrah ke arah yang lebih baik. InsyaAllah. Bank Muamalat emang oke

    BalasHapus
  10. Dulu pernah punya tabungan di bank Muamalat tapi sudah lama mati. Jadi tertarik nih buka tabungan haji, smoga segera dimampukan. Smoga lancar ya impian ke Tanah Sucinya dan disegerakan

    BalasHapus
  11. Wah barakallah mom Natra semoga isqtiqomah ngeblog dan nabungnya hehe btw setau aku memang hanya bank Muamalat yg bener bener menerapkan sistem syariah di Indonesia.

    BalasHapus
  12. Pengen sekali nabung di Bank Syariah, tapi kayaknya di tempat saya belum ada hihihi

    BalasHapus
  13. Baca-baca tentang ini jadi seperti diingetin lagi. Kepengen deh hijrah. Biar tenang di hati. Sementara yang konvesional, buat masuk pendapatan aja. Dan langsung dipindahin ke yang syariah. Semoga bisa segera hijrah.

    BalasHapus
  14. Bank syariah sedang di minati sekali ya sekarang, bank muamalat merupakan salah satu pioner bank syariah. Semoga dilancarkan ya niatnya.. amin.

    BalasHapus
  15. AKu juga punya tabungan Bank Mualamat mbak. Lebih tenang nabung di snaa hehe. Soalnya sistemnya syariah...
    Bis abuka rekening haji juga di sana jd semangat isinya.

    BalasHapus
  16. Wah ternyata bank Muamalat uda ada sebelum aku lahir ya. Aku kirain baru 10 tahunan aja loh.

    BalasHapus
  17. Bank syariah yang pertama kutahu ya Bank Muamalat ini..
    Semoga dimudahkan dan dilancarkan rencana ke Tanah Suci juga dikabulkan segala cita ya Mbak Natra

    BalasHapus
  18. Tabungan awal di Bank Muamalat ringan ya :) jadi kepikiran mau menabung untuk umroh di Muamalat coba diskusi dulu sama suami ah :D

    BalasHapus
  19. Muamalat ini seingatku pelopor bank syariah di indonesia ya. Dari aku kecil uda ada deh ini

    BalasHapus
  20. Terketuk banget hati ini rasanya, tapi sampai saat ini masih sulit buat nabungm emang sihm. Kalau gak dimulai srkarang gatau deh kapan lagi.

    BalasHapus
  21. Sungguh nge blog jadi healing dan menghasilkan ya Mak, 😍

    BalasHapus
  22. Wah aku jadi mau punya tabungan haji dimuamalat ternyata prosesnya semudah itu dan setoran awalnya pun rendah yah mba.yg penting konsisten rajin nabung aja biar cepet kekumpul itu dananya

    BalasHapus
  23. Saya juga ingin hijrah masalah tabungan nih, mau buka tabungan ke Bank Muamalat ah

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall