Kamis, 30 Mei 2019

TIGA REKOMENDASI ESSENCE BRAND LOKAL YANG BISA DICOBA


Dulu, saya sih team basic skincare. Hanya facial wash - toner - moisturizer - sunscreen. Masker aja dahulu suatu barang mewah yang sebulan sekali itupun kalo ingat aja udah sukur. Apalagi soal essence yang mana aku baru berkenalan dengan skincare satu ini di awal tahun 2019. Ya seperti yang aku pernah bilang, aku mengejar 'ketinggalan' yang cukup banyak menuju kulit glowing dan sehat. Dan aku merasakan manfaatnya selama rutin memakai essence dalam keseharianku. Sebelumnya sudah tahu belum apa itu essence?

APA ITU ESSENCE?


Essence digunakan setelah toner dan sebelum serum. Essence pada umumnya  ringan  dan konsentrat nya lebih rendah daripada serum. Bisa berupa gel, cair, maupun lotion yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit. Essence berfungsi memberi nutrisi pada kulit sampai lapisan terdalam karena essence memiliki tekstur molekul yang lebih kecil dibandingkan serum/moisturizer dan menembus kulit paling dalam. Jadi sangat membantu memperbaiki elaktisitas kulit dan meregenerasi kulit sehingga terasa lembab dan kenyal. Dan tentu dengan begitu nge-boost step skincare selanjutnya agar lebih optimal.

Essence memang booming bagi wanita Korea dan bisa jadi acuan bagi kita buat mendapatkan kulit sehat dan glowing tentunya. Essence bekerja dengan baik jika digunakan rutin pagi dan malam hari dan disesuaikan dengan kondisi kulit.

Nah tipikal kulit aku berminyak dan acne prone skin. Kelihatan sekali wajah lebih tua dan terasa sekali kurang kekenyalannya. Eits jangan dikata kulit berminyak tidak butuh hidrasi. Menurut yang aku baca, malah kulit berminyak adalah kondisi kulit yang lapisan dalamnya sangat kering. Sehingga kulit bekerja dua kali lipat  memproduksi minyak agar menggantikan hal tersebut. Gak heran kulit berminyak butuh hidrasi dan elastisitasnya sangat minim.

Karena berpijak pada hal itu, aku pun mencoba beberapa essence brand lokal yang semuanya pernah aku review di blog. Tapi aku bakal compile disini ya perfomanya secara singkat dan semoga jelas sahabat. Mulai dari peringkat yang paling aku suka sampai peringkat biasa aja.

AVOSKIN PERFECT HYDRATING TREATMENT ESSENCE
Harga : Rp 280.000


Essence dari brand lokal asal Yogyakarta ini sudah tergiur sejak lama. Beruntungnya kemaren dikirimin Avoskin PHTE ini dan langsung mencoba pada malam hari. Teksturnya sedikit gel tapi dalam taraf cair. Cepat meresap dan mudah dibalurkan tanpa meninggalkan rasa lengket. Aroma nya cukup kuat tapi di  aku nyaman nyaman saja . Wanginya fresh . Biarpun  wanginya cukup kuat tapi hanya awal saja kemudian memudar. Essence ini mengandung alkohol dalam taraf mild menurutku.  Tidak menimbulkan efek negatif apapun dan sangat ringan ke wajah.

Efek cooling dan shooting yang sungguh terasa.Avoskin PHTE ini sudah approve aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tentu pemakaiannya pun disesuikan dengan kondisi masing masing dan senyamannya saja. Kalau aku hanya selayer dengan intensitas 3-4 tetes dalam sekali usap. Kembali lagi, kalau mau digunakan berlayer layer disesuaikan dengan kondisi kulit dan tunggu layer pertama kering dahulu.

Seperti yang aku bilang, essence ini mengandung Alcohol jenis fatty yang memang efektif untuk penyerapan bahan lainnya lebih cepat dan menghaluskan kulit. Klaim yang ditawarkan cukup  signifikan asal rutin. Klaim melembabkan nya oke, mengontrol sebum di wajah sangat baik, menyembuhkan dan menghilangkan jerawat/bruntusan ampuh juga, mencerahkan kulit lumayan terasa biarpun tidak instan tapi aku malah demen. Untuk kalim mengurangi kerutan halus belum aku rasakan tapi bakal aku pantau.  Aku sudah memakai ini selama dua minggu lebih.Bakal aku repurchase ulang. Harganya berkisar 280 ribu dan masih tersedia di e-commerce atau avo store di beberapa kota Indonesia. Jadi masih kurang daya jangkau penjualannya.  Oh ya, essence dari Avoskin ini cocok untuk semua jenis kulit ya.

WARDAH WHITE SECRET PURE TREATMENT ESSENCE
Harga : Rp 110.000


Sungguh botolnya hampir sama dengan brand Avoskin. Sama sama semi transparan dengan frosted glass. Teksturnya cair seperti air. Sangat runny ketika dioleskan. Warnanya agak keruh dengan wangi yang kecut. Waginya agak masam kalo dihirup dari dekat. Tapi gak begitu terasa jika diaplikasikan e muka. Yang aku gak demen adalah kesan lengket saat sudah dibalurkan ke muka. Cepat menyerap dan tekturnya ringan ke kulit. Tidak ada efek negatif buat kulitku.

Progressnya cukup terasa jika dirutinkan pagi dan malam hari. Klaim melembabkan dan mencerahkan kerasa di pemakaian 3 minggu. Efek mencerahkan progressnya lambat tapi kalo aku tujuannya untuk melembabkan dan membuat kulit kenyal. Dan itu sudah cukup terbukti. Mencerahkan buat aku hanya sebagai bonus. Produk ini mengontrol sebum nya kurang. Untuk memudarkan bekas jerawat dan menyembuhkan jerawat lumayan kelihatan setelah pemakaian 1 bulan. Jadi ini bisa jadi opsi aku buat repurchase. Biarpun minusnya  hanya kesan lengket saat selesai dibalurkan yang aku nggak suka. Dipake berlayer layer gak jadi pilihan karena kesan lengket yang gak nyaman. Ternyata kesan lengket ini bukan hanya di kulit aku saja loh, beberapa temen yang pernah coba ini juga mengatakan hal yang sama.

Harganya tentu dibawah Avoskin. Berkisar 100 ribu - 120 ribu. Daya jangkau nya luas sih produk ini bisa dibeli dimana mana. Jadi lebih mudah didapatkan.  Essence dari wardah ini tidak ada keterangan untuk jenis kulit yang mana tapi menurut aku semua bisa mencoba. 

NAMEERA PURE GLOW ESSENCE WATER
Harga : Rp 75.000


Khusus Nameera aku dikirimin oleh HTC versi mini nya. Jadi aku nggak bisa review bagaimana pengalaman aplikator atau kemasan full size nya. Tapi kalo versi mininya ini tube nya bulky dan lobang mulut botolnya kecil. Untuk full size nya kalo dilihat dari internet packagingnya menarik kayak bentuk tetesan air. Cantik dan berkelas.  Nameera ini brand lokal keluaran Unilever dengan target wanita muslim modern. Seri Aquatic Botanical ini merupakan produk perdana dari Nameera dan tentu ada essence nya. Ditujukan untuk kulit normal to dry skin. Dan bisa dijadikan primer make up karena teksturnya yang lumayan thick.

Essence ini biasa aja buat aku malah bisa dikatakan nggak begitu suka. Karena apa? Karena teksturnya yang kental.  Saat diaplikasikan ada kesan lengket yang aku rasakan dan tidak nyaman. Memang dijadikan primer dia nampol krena make up lebih nempel. Tapi jujur bukan itu yang aku cari dari sebuah essence. Minusnya lagi, meninggalkan residu berwarna putih ketika dibalurkan ke muka. Jadi teksturnya lama meresap di kulit wajah aku. Jadi udah kadung capek duluan nungguin essence ini menyerap sebelum next skincare selanjutnya. Sepertinya memang ditujukan buat kulit kering ya jadi lebih cepat menyerap, karena tipikal kulit aku kan berminyak jadi nggak cocok. Malah yang day cream nya yang nyaman dan cocok di aku.Karena gak begitu demen buat muka, aku hanya pakai di area leher saja.

Harganya dibawah Wardah lagi dan sudah mulai luas jangkauan nya. Produk Nameera bisa dibeli di Guardian dan sepertinya kemaren sempat liat di Hyper Mart juga. Essence ini berwarn puth bening dengan wangi yang cukup kuat. Wangi bunga bungaan yang terasa di penciuman saat dibalurkan ke muka. Jadi bagi kamu yang nggak begitu suka dengan skincare yang ada wanginya, bisa dipertimbangkan dahulu.

CONCLUSION

Tentu yang sekarng menjadi favorit aku adalah Avoskin Perfect Hydarting Treatment Essence krena cocok buat kulit aku. Dari segi harga dari tinggi ke rendah : Avoskin - Wardah - Nameera. Dari segi tekstur dari kental ke cair : Nameera - Avoskin - Wardah.  Dua diantaranya tidak travel friendly karena bentuk tube yang lumayan bulky, biarpun Nameera masih bisa masuk pouch  karena mini size nya. Jadi tiga essence dari brand lokal ini bisa jadi acuan kamu jika tertarik mencoba memasukkan essence dalam skincare routine. Sudah tahu mau nyoba yang man, Sahabat?


3 komentar

  1. Aku sudah nyoba yang avoskin dan nameera. So far aku suka sama keduanya. Tapi kayaknya lebih nampol avoskin efeknya dibanding nameera

    BalasHapus
  2. Aku udah coba yang avoskin juga Mbak. Tetapi belum terlihat hasilnya hihii. Baru beberapa hari sih. Thanks for sharing 😊

    BalasHapus
  3. Kalo mau beli avoskin di medan dimana ya kak? Dan essence avoskin itu habis dalam berapa lama kak?

    BalasHapus

© Natrarahmani
Maira Gall