Kamis, 21 Desember 2017

Hospital Bag Checklist : Keperluan persiapan melahirkan

Bulan Oktober kemaren adalah bulan yang saya tunggu. Karena anak kedua saya lahir bertepatan tanggal 11 Oktober kemaren. List barang apa yang saya bawapun sudah saya catat. Agar nyaman dan tidak kewalahan kembali kerumah jika ada yang tertinggal.

Berikut saya jabarkan ya barang barang apa yang wajib dibawa ketika akan melahirkan dan menginap untuk beberapa hari. Karena saya operasi caesar tentu akan lebih lama stay di rumah sakit. Saat itu saya melahirkan di RS Malahayati Medan. Berikut rinciannya ya.

LIST UNTUK IBU

1. Kemeja Lengan Pendek 4 potong
    Ini perlu banget dan suster nya juga nyaranin untuk memperbanyak stok. Karena tidak ribet untuk pembersihan ketika suster visit. Karena pasca operasi tentu kita tidak diperbolehkan mandi dan susterlah yang pagi hari selalu mandikan ditempat tidur sampai benar benar bisa mandi sendiri. Lagian kalo pake kemeja gak ribet juga untuk selang infusnya.

2. Sarung 4 buah , Kaos Kaki, Handuk, dan Pakaian Dalam. Banyaknya tergantung kebutuhan. 
3. Gurita baik yang instan maupun yang ikat. Saya bawa 3 buah masing masing tipe. Dipakai langsung pasca operasi, biarpun ya kerasa nyes nya harus geser geser badan ketika pake gurita ini. Tapi emang ini perlu banget.
4. Perlengkapan Mandi . Ini dipakai ketika dokter sudah mengijinkan untuk belajar mandi sendiri. Karena badan harus dibiasakan bergerak biarpun habis operasi.
5. Sandal jepit dan flatshoes.
6. Make up dan parfum. Nggak saya gak nyaranin supaya dandan menor ketika dirumah sakit. Tapi setidaknya tidak keliatan pucat. Saya pake bedak tabur dan lipstik. Tidak lupa semprot parfum sedikit jika ada yang berkunjung gak malu maluin banget.
6. Charger dan Phone. ini jangan sampe lupa ya, karena biasanya ini yang ketinggalan karena saking paniknya.
8. Minyak telon. Ini bukan hanya untuk baby ya tapi ibu juga perlu buat ngangetin badan dan nenangin diri karena deg degan mau melahirkan.
9. Snack dan minuman favorit. Menunggu adalah hal yang membuat bosan dan lapar. Apalagi menunggu jadwal melahirkan. Siap siapkan cemilan favorit biar selalu ada tenaga jika waktunya tiba.
10. Baju Ketika Pulang dari rumah sakit. Kalo saya pilih celana baggy longgar dan kaos lengan panjang. Gak pake ribet.
11. ESSENTIAL OIL. Untuk menenangkan diri kala deg degan dan bikin si ibu nyaman.

LIST UNTUK BABY

Karena selama dirumah sakit bayi memakai pakaian yang disediakan dari rumah sakit, maka berikut list untuk kepulangannya nanti :
1. Baju Lengan Panjang dan Celana Panjang.
2. Kaos kaki, kaos tangan, topi.
3. Bedong dan Selimut.
4. Minyak Telon.
5. Pompa asi dan botol susu . Ini saya dari habis melahirkan juga udah coba pumping dan kasih langsung ke babynya. Biarpun yang keluar masih sedikit banget.
3. Popok Kain dan Pampers bayi.

LIST UNTUK AYAH

Nah ini nih yang sering kelupaan padahal ayah juga peranan penting buat ngejaga si ibu selama 24 jam. Keperluannya harus juga diperhatikan.
1. Sarung , Selimut, Kaos Kaki, dan sajadah.
2. Baju Kaos dan Celana Panjang
3. Pakaian Dalam
4. Karpet. Ini penting juga karena kita gak tau kan berpa banyak tamu yang bakal datang menjenguk. Jadi selalu jaga jaga saja.
5. Phone, Charger, Kamera.
6. Uang receh.

Sekian dulu list dari saya, lebih kurangnya bisa disesuaikan dengan keperluan masing masing ya.  Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Natrarahmani
Maira Gall